Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Nov 2021 11:35 WIB

TRAVEL NEWS

Kena Hack, Akun Medsos Kebun Binatang Bandung Dijual ke Publik!

Yudha Maulana
detikTravel
Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoological Garden) memutuskan akan tetap dibuka saat perayaan Hari Raya Idul Fitri. Marcom Bandung Zoo Sulhan Syafii mengatakan, pihaknya sudah bersiap diri untuk menerima wisatawan dengan protokol kesehatan yang ketat.
Ilustrasi Kebun Binatang Bandung. Foto: (Siti Fatimah/detikcom)
Bandung -

Akun media sosial Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden (Bazoga) diretas. Bahkan, pembajak akun tersebut pun menayangkan unggahan bahwa akun tersebut akan dijual.

"Halo, akunnya dijual. Aktivitasnya sangat bagus. Untuk membeli akun, tulis saya melalui DM," tulis peretas tersebut seperti dilihat detikcom dari akun IG @bandung_zoological, Kamis (18/11/2021).

Humas Bazoga Sulhan Syafi'i membenarkan jika akun medsos Bazoga diretas. Ia menduga peretas tersebut awalnya meretas akun email Bazoga, sebelum akhirnya mengambil alih akun IG Bazoga.

"IG kita dibajak, di-hack, dibajak. Permasalahannya ketika mau diambil lagi mereka menggunakan Yahoo jadi lebih susah, kalau pakai Gmail sih ada yang bisa katanya begitu," ujar Sulhan saat dikonfirmasi detikcom.

"Orangnya agak canggih yang ngebajak. Masuknya lewat email, kan di e-mail bisa melihat password IG," ujar Aan (sapaan Sulhan).

[Gambas:Instagram]



Sejauh ini, belum ada aktivitas lagi dari akun IG Bazoga selain tayangan hendak dijual itu. Namun demikian, Aan khawatir jika peretas melakukan penggalangan dana secara ilegal dengan mengatasnamakan Bazoga.

"Akun itu kan sudah 14 ribu pengikut karena sejak tahun 2017, terus kita khawatirnya dimanfaatkan untuk penggalangan dana, karena memang sebelumnya kita melakukan penggalangan dana memakai IG itu untuk pakan, kalau diselewengkan kita tidak bisa mengontril, itu kekhawatirannya, dan mau dijual juga," tuturnya.

Untuk sementara, ujar Aan, pihaknya membuat akun IG baru yakni @official_Bazoga, walau begitu ia tetap berharap akun medsos Bazoga bisa dikembalikan. "Lebih baik bisa diambil lagi, email juga sekarang belum bisa diakses, kita lapor ke IG belum ada tanggapan," ujarnya.



Simak Video "Perjuangan Bandung Zoo Dihantam Pandemi, Terpaksa Pangkas Gaji Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA