Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 22 Nov 2021 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

Menanti Kepastian Penerapan PPKM Level 3 Saat Libur Nataru

Tim detikcom
detikTravel
Menko PMK Muhadjir Effendy
Menko PMK Muhadjir Effendy (Dok Humas Kemenko PMK)
Jakarta -

Pemerintah akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 mulai 24 Desember hingga 2 Januari. Kepastiannya diumumkan hari ini.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan kemungkinan besar akan mengumumkan ketentuan PPKM level 3. Penerapannya merata di seluruh Tanah Air, baik yang sudah berstatus PPKM level 1 maupun level 2 akan dipukul rata menerapkan aturan PPKM level 3.

"Sehingga ada keseragaman secara nasional. Sudah ada kesepakatan, aturan yang berlaku di Jawa - Bali dan luar Jawa - Bali nanti akan diseragamkan," kata Muhajir.

Penerapan PPKM level 3 dinilai sebagai upaya untuk meminimalkan mobilitas masyarakat saat libur Nataru. Merujuk tahun-tahun sebelumnya, libur Natal dan Tahun Baru terjadi pergerakan warga, baik berwisata ataupun mudik, dan kerumunan yang cukup besar. Situasi itu menjadi pemicu naiknya angka kasus Covid-19.

Muhadjir menyebut syarat perjalanan saat PPKM level 3 di Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 digodok oleh Menteri Peruhubungan (Menhub) dan Kapolri.

"Persyaratan perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor, dan transportasi umum jarak jauh (pesawat udara, bis, kapal laut dan kereta api) sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional," tulis Inmendagri 60/2021.

"Intinya sesuai arahan presiden tidak ada penyekatan. Tidak ada penyekatan tetapi kita imbau, kita serukan kepada seluruh masyarakat untuk tidak bepergian. Kecuali, untuk tujuan-tujuan primer," dia menambahkan.

Aturan lain saat PPKM level 3 nanti adalah larangan pesta tahun baru, pesta kembang api, dan pawai pada saat malam Tahun Baru.

"Nanti akan kita batasi dan kita larang pertemuan-pertemuan berskala besar. Misalnya, pesta old and new (pesta Tahun Baru) itu kita larang. Yang dibolehkan itu pesta old and new di tingkat keluarga saja. Mungkin 10 sampai 15 anggota keluarga masih diperbolehkan," kata Muhadjir.

"Pesta di hotel menggelar ramai-ramai, hura-hura tidak boleh. Apalagi juga diikuti pesta petasan lalu pawai tahun baru, itu semua nanti akan dilarang," dia menegaskan.



Simak Video "Antisipasi Pengelola Gedung Pernikahan saat PPKM Level 3 "
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA