Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Nov 2021 18:04 WIB

TRAVEL NEWS

Sabar Dulu, Selandia Baru Buka Perbatasan Mulai 30 April 2022

Putu Intan
detikTravel
Wellington -

Tak seperti negara lain yang mulai membuka pintu, Selandia Baru akan tetap menutup diri untuk kunjungan internasional sampai tahun depan.

Hal itu disampaikan pemerintah pada Rabu (24/11/2021) seperti dilansir dari Channel News Asia. Sebelumnya, negara ini memberlakukan pembatasan sangat ketat agar COVID-19 tidak menyebar luas dan perekonomian dapat segera bangkit. Langkah itu berhasil karena Selandia Baru termasuk salah satu negara tercepat menangani COVID-19.

Akan tetapi dengan munculnya COVID-19 varian Delta yang sangat menular, Selandia Baru terpaksa harus merubah strategi. Misalnya Auckland yang dibuka bertahap seiring dengan meningkatnya vaksinasi.

Wisatawan mancanegara baru diizinkan memasuki negara itu mulai 30 April 2022. Menteri Tanggap COVID-19 Chris Hipkins mengatakan dalam konferensi pers, Selandia Baru akan membuka diri secara bertahap.

Warga Selandia Baru yang sudah divaksinasi penuh dan pemegang visa tinggal di negara tetangga Australia dapat melakukan perjalanan ke Selandia Baru mulai 16 Januari 2022.

Sementara warga Selandia Baru yang divaksinasi dan pemegang visa tinggal dari negara lain akan diizinkan masuk mulai 13 Februari 2022.

"Pendekatan bertahap untuk berhubungan kembali dengan dunia adalah pendekatan teraman untuk memastikan risiko dikelola dengan hati-hati," kata Hipkins.

"Ini mengurangi potensi dampak pada komunitas yang rentan dan sistem kesehatan Selandia Baru," sambungnya.

Ketika perbatasan Selandia Baru sudah dibuka, wisatawan tidak lagi diharuskan untuk tinggal di fasilitas karantina negara. Akan tetapi langkah-langkah lain akan dilakukan, termasuk hasil negatif tes COVID-19 sebelum keberangkatan, bukti vaksinasi penuh, dan hasil negatif tes COVID-19 saat kedatangan.

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA