Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Nov 2021 22:03 WIB

TRAVEL NEWS

Kondisi Alam Singapura dan Beberapa Fakta Menariknya

Tim detikcom
detikTravel
Pemandangan Singapura dari Batam
Singapura berbatasan dengan Pulau Batam dan Bintan Foto: Kemenparekraf
Jakarta -

Meski luasnya kecil di Asia Tenggara, Singapura tergolong negara yang maju yang memiliki hubungan perdagangan internasional yang kuat. Pelabuhan Singapura termasuk tersibuk di dunia. Bagaimana kondisi alam Singapura?

Dari sisi geografis, Singapura terletak di lepas pantai ujung Semenanjung Malaya antara Malaysia dan Indonesia. Singapura dan Malaysia dipisahkan oleh Selat Johor, sementara untuk perbatasan dengan Indonesia dipisahkan oleh selat Singapura. Singapura berdekatan dengan Pulau Batam dan Bintan.

Dalam buku Geografi dan Sosiologi IPS Terpadu SMP Kelas IX karangan Umasih, Singapura disebut negara kota. Karena, wilayah negaranya kecil dan seluruhnya berupa perkotaan. Negara ini merupakan yang terkecil di kawasan ASEAN.

Iklim Singapura

Dikutip dari buku Materi Esensial Bimbingan Teknis Penguatan Proses Pembelajaran dalam Jaringan IPS Sekolah Dasar sebagai salah satu negara Asia Tenggara, Singapura dikenal memiliki tiga pergantian musim.

Masing-masing musim itu meliputi musim hujan, kemarau, dan pancaroba. Musim hujan dimulai pada bulan November hingga bulan April. Kemudian musim kemarau dari bulan April sampai bulan September.

Setelah mengalami kemarau yang cukup panjang, Singapura akan diterpa oleh musim pancaroba. Musim ini berlangsung dari bulan September hingga bulan November.

Keberadaan tiga musim yang bergiliran ini tentu saja tidak terlepas dari pengaruh letak geografis Singapura sendiri.

Iklim negara Singapura adalah tropis basah dengan curah hujan dan suhu yang tinggi. Suhu rata-rata di Singapura adalah 26 derajat celsius, dengan pergeseran hanya sekitar 1,4 derajat celsius. Sementara curah sekitar 2.500 mm per-tahunnya

Dikutip dari laman Meteorological Service Singapore kelembaban relatif di negara ini menunjukkan pola yang cukup seragam sepanjang tahun dan tidak berbeda jauh dari bulan ke bulan.

Hanya saja variasi hariannya lebih mencolok, lebih dari 90% di pagi hari sebelum matahari terbit dan turun hingga sekitar 60% di sore hari saat tidak ada hujan.

Rerata kelembaban relatif tahunan adalah 83,9%. Kelembaban relatif sering mencapai 100% selama musim hujan yang berkepanjangan.

Luas Singapura

Singapura memiliki luas daratan 719,1 kilometer persegi, sebagian besar berupa pulau Singapura, ditambah pulau-pulau kecil di sekitarnya seperti pulau Tekong, pulau Ubin dan pulau Jurong.Pulau utama Singapura membentang 50 kilometer dari timur ke barat dan 27 kilometer dari utara ke selatan dengan garis pantai 193 kilometer.

Hampir seluruh wilayah Singapura digunakan untuk pemukiman, hanya bebeapa wilayah yang masih wilayah hijau, seperti Cagar Alam Bukit Timah dan Sungai Buloh.

Pulau Singapura relatif datar, hanya memiliki perbukitan kecil, seperti Bukit Timah. Selain Bukit Timah, ada juga Bukit Gombak, Bukit Panjang dan Bukit Mandai. Sungai di pulau ini juga pendek, terpanjang adalah sungai Kallang (10km) dan sungai Singapura (3km).



Simak Video "VTL Ditangguhkan, Kini Masuk Singapura Wajib Karantina"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
dMentor
×
Gara-gara NFT Ghozali
Gara-gara NFT Ghozali Selengkapnya