Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 29 Nov 2021 13:13 WIB

TRAVEL NEWS

Muncul Omicron, Sandiaga Evaluasi Pembukaan Gerbang untuk Wisman

Putu Intan
detikTravel
Sandiaga Uno memberikan penjelasan pers, Senin (22/10/2021).
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto: Kemenparekraf
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno akan mengevaluasi pembukaan wisata untuk turis asing seiring munculnya virus Corona varian Omicron. Sandiaga menjelaskan koordinasi akan dilakukan bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Kementerian Luar Negeri.

"Kami prihatin karena ada varian baru dan ini bukan turunan varian Delta tetapi varian baru yang perlu kita sikapi secara betul-betul hati-hati. Ini disebut sebagai varian Omicron," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing Kemenparekraf, Senin (29/11/2021).

Varian Corona dari Afrika Selatan ini memang belum dikonfirmasi tingkat kefatalannya apabila terinfeksi. Namun, Sandiaga mengatakan, penyebaran yang cepat dikhawatirkan akan berdampak pada situasi di Indonesia.

Dalam rapat terbatas yang akan dilakukan, Sandiaga mengatakan akan diambil sejumlah kebijakan terkait hal tersebut. Salah satunya pembaruan daftar negara asal turis yang diizinkan masuk Indonesia.

"Karena tingkat penyebarannya diprediksi sangat cepat dan banyak sekali informasi yang belum bisa kita hadirkan saat ini dan concern pemerintah memastikan bahwa pengendalian COVID-19 itu rendah dan terkendali maka pemerintah untuk menghindari lonjakan kasus baru seperti Juli dan Agustus 2021, maka melakukan beberapa kebijakan. Salah satunya, pembaruan daftar negara," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga mengimbau para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk meningkatkan protokol kesehatan menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

"Seluruh pelaku wisata harus hati-hati dengan varian Omicron ini karena daya penyebarannya jauh lebih tinggi dari Delta," imbaunya.

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara saat ini mulai menjanjikan. Itu ditunjukkan dari data jumlah wisman selama September 2021 mengalami kenaikan dibandingkan bulan Agustus 2021.

"Masih naik setingkat 1,41% walaupun meningkatnya tidak terlalu signifikan, kami bisa melihat Oktober peningkatannya juga lebih tinggi. Dan ini didukung kunjungan wisatawan nusantara yang juga meningkat terutama ke Bali," dia memaparkan.



Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA