Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 01 Des 2021 17:22 WIB

TRAVEL NEWS

Daftar Kota Termahal di Dunia Tahun 2021, Singapura Kedua

Kota termahal di dunia 2021
Singapura, kota termahal kedua di dunia 2021 (Foto: CNN)
Jakarta -

Singapura jadi kota termahal kedua di dunia untuk tahun 2021. Penelitian terbaru Economist Intelligence Unit (EIU) mengungkapkannya.

Melansir CNN, penyumbatan rantai pasokan dan perubahan permintaan konsumen telah mendorong biaya hidup di banyak kota terbesar dunia. Dan ini adalah inflasi paling cepat selama lima tahun terakhir.

Satu kota telah mengalami perubahan yang lebih cepat daripada kebanyakan kota lainnya, melompat dari peringkat kelima ke peringkat pertama.

Tel Aviv di Israel menduduki peringkat pertama untuk pertama kalinya. Kota itu menyalip pemimpin tahun lalu, Paris, yang sekarang berada di posisi kedua bersama dengan Singapura.

EIU mengaitkan kenaikan tajam Tel Aviv dengan kenaikan harga bahan makanan dan transportasi dan kekuatan shekel Israel terhadap dolar AS.

Kota termahal di dunia 2021Paris dalam jajaran kota termahal di dunia 2021 (Foto: CNN)

Indeks Biaya Hidup Sedunia 2021 melacak biaya hidup di 173 kota global, 40 lebih banyak dari tahun lalu. Peneliti membandingkan harga di lebih dari 200 produk dan layanan sehari-hari.

Data survei yang telah dilakukan selama lebih dari tiga dekade ini dikumpulkan oleh tim peneliti global EIU setiap bulan Maret dan September.

Indeks ini dibandingkan dengan harga di New York City. Sehingga, kota-kota dengan mata uang yang lebih kuat terhadap dolar AS kemungkinan akan muncul di peringkat yang lebih tinggi.

Zurich dan Hong Kong masing-masing berada di nomor empat dan lima, setelah memegang posisi teratas tahun lalu bersama Paris. New York, Jenewa, Kopenhagen, Los Angeles, dan Osaka melengkapi 10 besar lainnya.

Kota termahal di dunia 2021Los Angeles dalam jajaran kota termahal di dunia 2021 (Foto: CNN)

Peringkat teratas terus didominasi oleh kota-kota di Eropa dan Asia maju. Kota-kota dengan peringkat terendah, terutama berada di Timur Tengah, Afrika dan bagian Asia yang kurang kaya.

EIU melaporkan bahwa, rata-rata harga barang dan jasa dalam indeks telah meningkat sebesar 3,5% YoY dalam mata uang lokal, dibandingkan dengan peningkatan 1,9% di tahun lalu. Dan pandemi sangatlah berkontribusi.

Berikut 21 kota tempat tinggal termahal di dunia tahun 2021:

1. Tel Aviv
2. Paris dan Singapura
4. Zurich
5. Hong Kong
6. New York City
7. Jenewa
8. Kopenhagen
9. Los Angeles
10. Osaka

11. Oslo
12. Seoul
13. Tokyo
14. Wina dan Sydney
16. Melbourne, Australia
17. Helsinki dan London
19. Dublin, Frankfurt, dan Shanghai.



Simak Video "Kota Teraman Dikunjungi Pasca-Pandemi, Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA