Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Des 2021 16:54 WIB

TRAVEL NEWS

Libur Nataru, Semua Obwis di DIY Buka dengan Aturan Ketat

Libur Nataru, Semua Obwis di DIY Buka dengan Aturan Ketat
Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Bantul -

Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebut semua objek wisata di DIY buka saat libur natal dan tahun baru (nataru). Kendati demikian setiap obwis harus memberlakukan aturan 25% dari kapasitas pengunjung.

"Untuk Nataru, pertama tempat wisata diperbolehkan untuk buka dengan kapasitas 25 persen. Selama ini juga di level 2 juga 25 persen dan untuk Hotel 50 persen dari kapasitas serta tidak ada perayaan di malam tahun baru," kata Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo saat ditemui di Kompleks Parasamya Kabupaten Bantul, Kamis (2/12/2021).

Menyoal pengawasan agar aturan 25% dari kapasitas pengunjung di setiap obwis, Singgih mengaku membatasi pengunjung lewat Visiting Jogja. Selain itu melakukan monitoring melalui Kabupaten/Kota serta penegakan protokol kesehatan (prokes).

"Pengawasan dengan Visiting Jogja dan kita juga bisa pembatasan (pengunjung), dari sisi QR code PeduliLindungi juga bisa melakukan pembatasan. Selain itu monitoring lewat Kabupaten/Kota, prokes ditegakkan, seperti di Pantai kita libatkan Sarlinmas," ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga tetap menerapkan aturan ganjil genap bagi kendaraan yang akan masuk ke obwis. Namun penerapan aturan tersebut menyesuaikan kondisi di lokasi.

"Untuk ganjil genap masih berlaku dan ada beberapa kemudian disesuaikan dengan kondisi di lokasi. Ada yang kemudian dibagi ganjil sana, genap sini. Semua itu dimaksudkan untuk mereduksi dari kerumunan itu sendiri yang melebihi kapasitas," katanya.

Sedangkan untuk sistem pemeriksaan pengunjung yang masuk ke Yogyakarta di antaranya ada di Bandara Adisucipto hingga Terminal Giwangan. Pemeriksaan dilakukan secara acak untuk memastikan semua sudah sesuai prokes.

"Sehingga kami harap ini bisa dipatuhi pelaku pariwisata supaya bisa kita lewati tahun 2021 dan menyambut 2022 dengan lebih sehat dan aktivitas pariwisata menjadi lebih luas lagi tentunya," ujarnya.

Selanjutnya, kata Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah DIY

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Diteriaki Maling, Mobil Mercy di Bantul Jadi Sasaran Warga"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA