Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Des 2021 09:11 WIB

TRAVEL NEWS

Nonton Tari Sintren untuk Pertama Kalinya: Kagum dan Terkaget-kaget!

Cirebon -

Tari Sintren adalah kesenian khas dari Cirebon. Pengalaman pertama nonton Sintren begitu berkesan. Kami dibuat kagum dan kaget sekaligus. Bagaimana kisahnya?

Menemukan pertunjukan tari Sintren di masa pandemi seperti sekarang cukup sulit. Beruntung rombongan detikTravel mengenal Kang Iyan, Kepala Unit Sanggar Budaya Kraton Kacirebonan.

Kami pun membuat janji dengan Kang Iyan untuk menonton langsung pertunjukan tari Sintren yang kebetulan dipentaskan oleh sanggar milik Keraton Kacirebonan. Tepat pukul 13.00 WIB, kendaraan kami sudah terparkir di halaman keraton.

Kang Iyan sudah siap menyambut kami dengan senyumnya yang lebar. Ini akan jadi pengalaman pertama bagi detikTravel nonton tari Sintren di masa pandemi.

Sebelumnya kami memang pernah mendengar tentang Sintren, tarian yang konon berbau mistis. Namun melihat langsung tari ini tentunya akan menjadi sebuah pengalaman yang berbeda.

Tari SIntren bernuansa mistis dari CirebonTari SIntren bernuansa mistis dari Cirebon Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Tari Sintren biasanya dilakukan oleh perempuan muda yang masih perawan. Selain penari utama, ada juga penari pendamping, dalang, laden, dan tak ketinggalan sinden serta musisi pengiring.

Alat musik yang digunakan untuk mengiringi tari Sintren sederhana saja berupa alat-alat rumah tangga, karena dahulu tari Sintren ini dibuat untuk hiburan rakyat oleh anak-anak nelayan sembari menunggu orang tuanya selesai melaut.

Tari SIntren bernuansa mistis dari CirebonTari SIntren bernuansa mistis dari Cirebon Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Alunan syair dalam bahasa Cirebon dinyanyikan dengan merdu secara berulang-ulang. Sang penari pun bersiap. Sang dalang juga bersiap. Sang penari biasanya hanya akan memakai baju yang biasa saja, istilahnya baju komprang.

Kostum yang akan digunakan untuk menari sudah disiapkan di dalam kurungan ayam. Lalu, sang dalang akan mengikatkan tali dan kain batik ke tubuh sang penari Sintren dengan kuat, memastikan sang penari tidak akan bisa kabur melepaskan diri.

Selanjutnya: Dibuat Terkaget-kaget

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
dMentor
×
Gara-gara NFT Ghozali
Gara-gara NFT Ghozali Selengkapnya