Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Des 2021 14:11 WIB

TRAVEL NEWS

Kemenparekraf Mau Kembangkan Wisata di Biak Numfor Untuk Bangkitkan Ekonomi

Tim detikcom
detikTravel
Festival Biak Munara Wampasi
Foto: Ilustrasi (dok. Kemenpar)
Biak Numfor -

Kemenparekraf akan mendorong pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Biak Numfor, Papua. Hal itu dilakukan untuk menarik wisatawan dan membangkitkan ekonomi.

Dalam upaya tersebut, Kemenparekraf melalui Direktorat Pengembangan Destinasi II, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur melakukan peninjauan destinasi wisata di Biak Numfor.

Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf Wawan Gunawan, didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor, Ony Dangeubun meninjau pembangunan destinasi wisata gua Jepang di Distrik Samofa, Rabu (8/12/2021).

Gua Jepang merupakan salah satu destinasi unggulan di Kabupaten Biak Numfor. Gua Jepang awalnya adalah gua alami yang sering digunakan masyarakat setempat sebagai tempat beristirahat.

Di dalam gua ini juga terdapat mata air yang sering dipakai masyarakat untuk keperluan sehari-hari, sebelum akhirnya dimanfaatkan oleh tentara Jepang.

"Potensi destinasi gua Jepang ini sudah sangat keren dengan cerita sejarah yang begitu kuat yang ada di dalamnya. Kami yakin destinasi ini bisa mendunia bahkan bisa menyandingi Museum War Remnants di Vietnam, asal terus dikemas dengan standar global," kata Wawan dalam keterangannya, Jumat (10/12/2021).

Wawan menjelaskan, dukungan Kemenparekraf untuk pengembangan destinasi wisata di Biak Numfor sudah sesuai dengan Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 Destinasi Pariwisata Pengembangan (DPP) Biak-Teluk Cendrawasih.

"Penyiapan destinasi Biak Numfor yang berkualitas, berdaya saing, terintegrasi dan berkelanjutan. Bisa diperkuat dengan pembuatan calender of event yang menarik, travel pattern kemasan paket-paket wisata sejarah dan religi ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisman dan wisnus dengan narasi story telling yang kuat dan menarik," kata Wawan.

Selanjutnya: Kisah Gua Jepang

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Indonesia Ajukan Diri Jadi Dewan Eksekutif Organisasi Pariwisata Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA