Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 15 Des 2021 10:02 WIB

TRAVEL NEWS

Kenapa Suhu di Pesawat Dingin? Ternyata Ada Alasan Medisnya

Putu Intan
detikTravel
kru kabin, kabin pesawat
Foto: Getty Images/iStockphoto/Pollyana Ventura
Jakarta -

Pernah merasa kedinginan saat berada di pesawat? Rupanya suhu dingin ini justru akan menyelamatkanmu.

Dilansir dari The Sun, Rabu (15/12/2021) menurut para ahli suhu dibuat rendah di kabin pesawat untuk mencegah penumpang pingsan. Lho kok bisa?

Jadi, para ilmuwan telah mempelajari hubungan antara orang yang pingsan saat tengah berada di udara dengan tekanan dan suhu kabin.

Studi yang dilakukan ASTM International menemukan bahwa penumpang akan lebih mudah pingsan saat terbang karena kondisi medis yang dikenal dengan istilah hipoksia.

Kondisi pingsan ini dapat terjadi ketika jaringan tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Kondisi ini akan diperparah oleh tekanan kabin yang tinggi dan suhu yang hangat.

Nah, insiden pingsan akibat kondisi ini sebenarnya sangat umum terjadi dalam penerbangan. Maka untuk mengurangi jumlah insiden ini, maskapai akan membuat kabin dingin setelah lepas landas.

Sebenarnya, suhu tubuh penumpang dapat bervariasi tetapi maskapai penerbangan akan menjaga suhu di kabin tetap rendah agar aman. Kendati pada akhirnya ada penumpang yang kedinginan, setidaknya ia tak akan pingsan di tengah penerbangan.

Mengenai hipoksia, kondisi ini sangat berbahaya. Pada tahun 2005, hipoksia ini menyebabkan kecelakaan pesawat yang menewaskan 121 penumpang dan awak kabin.

Insiden ini menimpa penerbangan dari Larnaca, Siprus menuju Athena, Yunani. Pesawat nahas itu kehilangan tekanan kabin yang mengakibatkan ketidakmampuan awak dan penumpang, lalu pesawat masuk ke mode autopilot sebelum akhirnya jatuh.

Jika sudah tahu alasan suhu di pesawat harus dingin, sebaiknya traveler mengenakan jaket atau pakaian hangat. Suhu di sana tak dapat dinaikkan sehingga sebagai penumpang, kita yang perlu beradaptasi.



Simak Video "Pemerintah Restui Rencana Kenaikan Harga Tiket Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA