Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 22 Des 2021 13:45 WIB

TRAVEL NEWS

Mantan Pilot Beberkan Trik Keselamatan 3 Detik dalam Penerbangan

Ilustrasi Pilot
Ilustrasi pilot (Foto: iStock)
Jakarta -

Butuh tips terbang? Maka mulailah setiap penerbangan Anda dengan trik keselamatan 3 detik dari pilot ini.

Dalam hal keselamatan selama perjalanan udara, kekhawatiran pertama mungkin terjadinya turbulensi yang bikin pesawat begitu terguncang.

Sementara pilot harus bekerja untuk memastikan bahwa penerbangan mereka semulus mungkin, ada cara lain yang mereka ketahui untuk tetap aman di pesawat. Bahkan ketika mereka tidak menerbangkan pesawat itu sendiri.

John Chesire, seorang pensiunan kapten dari sebuah maskapai, menulis trik itu di utas web Quora yang dilaporkan oleh Business Insider. Dia memberikan perhatian khusus pada setiap lorong pesawat untuk bersiap menghadapi keadaan darurat.

"Untuk satu hal, saya selalu melihat sekeliling untuk menemukan pintu darurat terdekat," tulisnya, melansir Travel+Leisure.

"Lalu saya menghitung jumlah kursi antara saya dan pintu keluar itu. Ini hanya membutuhkan pandangan sekilas. Saya melakukan ini sehingga jika diperlukan, dalam kegelapan atau di bawah air atau jika ada asap, atau jika pesawat terbalik, saya dapat tahu sebelumnya di mana pintu keluar, dan saya dapat secara cepat menghitung jumlah kursi dengan sentuhan untuk mencapai baris pintu keluar darurat itu, karena saya telah menghitungnya," tambah Chesire.

"Ini cepat dan mudah dilakukan, setiap saat," kata dia lagi

Memang, pakar keselamatan dari Administrasi Penerbangan Federal (FAA) menyarankan penumpang untuk menghitung jumlah baris di antara mereka dan jalan keluar terdekat saat menaiki pesawat.

Dan jika Anda ingin lebih melindungi diri sebagai penumpang, pertimbangkan untuk mempelajari kartu keselamatan di saku belakang kursi Anda. Bahkan jika Anda dapat menghitung jumlah kursi ke depan dan mencapai lorong keluar dalam keadaan darurat, beberapa pintu keluar terbuka secara berbeda tergantung pada jenis pesawat, catat HuffPost.

Tip terakhir untuk mempersiapkan rencana evakuasi darurat semacam ini yakni cobalah untuk mengingat pintu keluar kedua dan ketiga dari pesawat jika lorong terdekat Anda terhalang.



Simak Video "Cek Peralatan Sensor di Bandara, Dukung Keselamatan Penerbangan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA