Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Des 2021 23:41 WIB

TRAVEL NEWS

Setelah Puluhan Tahun, Ikan Berjalan Pink Langka Nongol Lagi

Ikan berjalan pink
Ikan berjalan pink (Foto: Karen Gowlett-Holmes/University of Tasmania)
Jakarta -

Ikan berjalan pink langka terlihat di Australia untuk pertama kalinya setelah beberapa dekade. Lokasi penemuannya di lepas pantai Tasmania.

Diberitakan BBC, seekor ikan berjalan pink (handfish) langka dan asli Australia telah terlihat untuk pertama kalinya dalam 22. Ikan ini terakhir terlihat oleh seorang penyelam di lepas pantai Tasmania pada tahun 1999.

Dalam catatan, ikan berjalan langka itu hanya terlihat sebanyak empat kali. Khawatir akan kelangsungan hidupnya, para pejabat baru-baru ini mengklasifikasikannya sebagai terancam punah.

Namun, para peneliti Australia mengatakan mereka telah menemukannya lagi terekam pada kamera bawah laut dalam yang diambil awal tahun ini di sebuah taman laut.

Dalam penemuan baru itu menunjukkan bahwa ikan berjalan pink ini berada di perairan yang lebih dalam dan lebih terbuka daripada yang pernah mereka tinggali sebelumnya.

Para ilmuwan mengira ikan itu adalah spesies air dangkal yang hidup di teluk terlindung. Tapi, sekarang telah ditemukan di kedalaman 150 meter di lepas pantai selatan Tasmania.

"Ini adalah penemuan yang menarik dan menawarkan harapan untuk kelangsungan hidup ikan handfish pink. Karena jelas mereka memiliki habitat dan sebaran yang lebih luas daripada yang diperkirakan sebelumnya," kata pemimpin peneliti dan ahli biologi kelautan Neville Barrett, seorang profesor di University of Tasmania.

Sesuai namanya, spesies ikan ini memiliki sirip seperti tangan yang besar di mana digunakan mereka untuk berjalan di sepanjang dasar laut selain berenang.

Pink handfish adalah salah satu dari 14 jenis handfish yang terlihat di sekitar Tasmania, pulau di selatan daratan Australia.

Handfish merah muda sebelumnya terakhir terlihat di Semenanjung Tasman pada tahun 1999 (Foto oleh Karen Gowlett-Holmes).



Simak Video "Australia Kembali Dilanda Banjir Usai Diguyur Hujan Lebat"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
24 Tahun Reformasi dan Alarm Demokrasi Filipina
24 Tahun Reformasi dan Alarm Demokrasi Filipina Selengkapnya