Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 31 Des 2021 08:11 WIB

TRAVEL NEWS

Musim Dingin, Alaska Malah Berhawa Hangat

Bandara Anchorage Alaska
Ilustrasi, Bandara Anchorage Alaska (Foto: iStock)
Alaska -

Ada yang tak sesuai dengan suhu yang ada di Alaska ini. Sebabnya, hawa di sana malah terbilang hangat saat musim dingin tiba.

Melansir CNN, di momen libur pada hari Minggu lalu, suhu di Pulau Kodiak Alaska selatan, AS mencapai 19,5 C. Itu lebih hangat dari pada di California Selatan pada hari yang sama.

Suhu ini memecahkan rekor hari terpanas di bulan Desember di Alaska, menurut National Weather Service di Anchorage. Suhu di negara bagian di Alaska sudah dicatat dari tahun 1953.

Apa yang membuat rekor ini benar-benar menakjubkan karena begitu sedikit sinar matahari yang didapat Alaska pada saat ini.

Matahari hanya berada di atas cakrawala Alaska selama sekitar enam jam sehari di Kodiak pada akhir Desember. Sang surya terbit sekitar pukul 10 pagi dan terbenam lagi tak lama setelah pukul 16.00.

"Fakta bahwa kehangatan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini terjadi pada akhir Desember, ketika sudut matahari berada pada titik terendah di Belahan Bumi Utara dan Alaska mendapatkan energi matahari paling sedikit, membuatnya semakin luar biasa," kata ahli meteorologi CNN Brandon Miller.

Ada apa di balik cuaca yang aneh ini? Suhu panas yang luar biasa di Alaska sangat kontras dengan cuaca di AS bagian utara, dengan suhu jauh di bawah normal.

"Suhu hangat yang ekstrem di bulan Desember dapat dikaitkan aktivitas seperti datangnya cuaca dingin ke California Utara," kata Miller.

"Area kuat bertekanan tinggi yang berlabuh di Pasifik Utara, beberapa ratus mil di selatan Teluk Alaska. Tekanan tinggi itu menyebabkan aliran searah jarum jam di sekitarnya, yang menarik lebih banyak udara tropis yang lebih hangat dari Pasifik di sisi baratnya, ke Alaska," dia menambahkan.

Kondisi itulah yang bertanggung jawab atas rekor kehangatan di Alaska. Tapi Pulau Kodiak tidak sendirian, karena wilayah lain di seluruh negara bagian juga telah membuat rekor.

Cold Bay sama sekali tidak dingin sehari setelah Natal, ketika suhu naik menjadi 16,7 C. Suhu itu memecahkan rekor lama yakni 6,7 C, yang terakhir dicatat pada tahun 1990.



Simak Video "Jarak Pandang Terbatas, Jalanan China Timur Diselimuti Kabut Tebal"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA