Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Jan 2022 22:12 WIB

TRAVEL NEWS

Biaya Pembuatan Paspor Semakin Mahal, Apa Keuntungannya?

Leather binder with Passport, British Pounds and Globe
Ilustrasi paspor (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Departemen Luar Negeri AS menaikkan biaya paspor. Kenaikan itu termasuk untuk pembuatan paspor baru atau perpanjangan.

Diberitakan Travel+Leisure, mulai 27 Desember, biaya untuk membuat paspor AS akan meningkat sebesar USD 20 atau Rp 285 ribu. Kenaikan harga merupakan tambahan dari biaya aplikasi saat ini sebesar USD 110 atau Rp 1,55 juta untuk paspor dewasa dan tambahan USD 60 atau Rp 855 ribu agar pengajuannya bisa dipercepat.

Anak-anak di bawah 16 tahun saat ini harus membayar USD 115 (USD 80 untuk aplikasi dan USD 35 untuk biaya eksekusi). Biaya terbaru membuatnya meningkat menjadi USD 135.

Orang dewasa yang mengajukan paspor untuk pertama kalinya juga harus membayar biaya eksekusi sebesar USD 35 atau Rp 500 ribu untuk mendapatkan paspor mereka.

"Kenaikan biaya diperlukan untuk memastikan kami terus memproduksi salah satu dokumen perjalanan dan identitas paling aman di dunia," cuit Departemen Luar Negeri pada Senin.

Saat ini, cara paling mudah untuk memperbarui paspor adalah melalui surat, yang dapat digunakan oleh wisatawan yang berusia minimal 16 tahun saat mendapatkan paspor terakhir.

Untuk memperbarui melalui pos, paspor diwajibkan dalam keadaan tidak rusak dan telah diterbitkan dalam 15 tahun terakhir.

Wisatawan mungkin segera dapat memperbarui paspor mereka sepenuhnya secara online setelah Presiden Joe Biden menandatangani perintah eksekutif minggu lalu yang mengharuskan pemerintah untuk merancang sistem digital baru.

Perintah baru ini diperkirakan akan memakan waktu enam hingga 12 bulan hingga diterapkan.

Kenaikan harga pembuatan paspor terjadi beberapa bulan setelah Departemen Luar Negeri menangani simpanan yang sangat besar.

Pengajuan paspor membutuhkan waktu hingga 18 minggu untuk diproses dan dikirim (12 minggu untuk pemrosesan dan hingga enam minggu untuk pengiriman).

Sejak itu turun menjadi delapan hingga 11 minggu untuk pemrosesan normal dan lima hingga tujuh minggu untuk pemrosesan yang dipercepat, menurut departemen tersebut.

Traveler juga dapat memilih untuk membayar tambahan USD 17,56 untuk pengiriman satu hari atau dua hari untuk pengembalian paspor mereka yang telah diisi.



Simak Video "Menkes Upayakan PeduliLindungi Jadi 'Paspor Kesehatan' di Negara G20"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA