Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Jan 2022 05:42 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Sejarah, Raja dan Kejayaan Kerajaan Aceh, Ini 5 Faktanya

Tim detikcom
detikTravel
Sejumlah anak-anak berada di kawasan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh, Rabu (10/11/2021). Masjid Raya Baiturrahman merupakan ikon Provinsi Aceh yang termasuk dalam salah satu masjid tertua dan termegah di Asia yang dibangun abad 16 pada masa Kerajaan Sultan Iskandar Muda yang menjadi objek wisata religi bagi wisatawan domestik dan mancanegara. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww.
Foto: ANTARA FOTO/SYIFA YULINNAS

3. Kondisi Kehidupan Politik

Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis membuat banyak pedagang muslim yang mengalihkan kegiatan perdagangan ke Pelabuhan Aceh. Sebab itulah, Aceh menjadi kerajaan besar yang ditunjang oleh kemampuan militer dan ekonomi yang kuat.

Sementara, kondisi politik pemerintahan Kesultanan Aceh sering dilanda konflik di antara kesultanan itu sendiri. Sultan Alauddin memerintah Aceh selama 15 tahun.

Saat masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda, Aceh mencapai puncak kejayaan. Keberhasilan dalam pemerintahan Aceh didukung oleh kekuatan militer terutama angkatan laut. Bahan, kerajaan ini memiliki armada kapal besar yang bisa mengangkut 600-700 prajurit.

4. Kondisi Sosial

Aceh memiliki golongan bangsawan yang memiliki gelar teuku dan golongan utama yang bergelar teungku. Nah, kedua golongan ini sering bersaing berebut pengaruh dalam masyarakat.


5. Silsilah Kerajaan Aceh

Sultan Aceh merupakan penguasa atau raja dari Kesultanan Aceh Perangkat pemerintah Sultan terkadang memiliki perbedaan tiap masanya. Berikut silsilah Kerajaan Aceh:

a. Sultan Ali Mughayat Syah sebagai raja pertama di Kerajaan Aceh. Dia memerintah pada tahun 1514-1538 M.

b. Sultan Salahudin. Masa pemerintahan mulai 1530-1537 M.

c. Sultan Alaudin Syah. Masa pemerintahan pada tahun 1537-1568 M.

d. Sultan Iskandar Muda. Mulai naik tahta pada awal abad ke 17.

e. Sultan Iskandar Thani.

Kerajaan Aceh berkuasa kurang lebih selama 4 Abad. Namun pada abad ke 20, kerajaan mengalami kemunduran karena wilayahnya dikuasai Belanda.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA