Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Jan 2022 15:07 WIB

TRAVEL NEWS

Ada VTL dan TCA saat Omicron Merajalela, Apa Itu?

Ilustrasi wisata Indonesia
Ilustrasi turis di Candi Borobudur Foto: Kemenparekraf
Jakarta -

Selama pandemi COVID-19 yang varian Omicron-nya tengah merajalela, ada mekanisme perjalanan antar negara yang disebut VTL dan TCA. Apa sih VTL dan TCA?

VTL merupakan singkatan dari perjalanan tanpa karantina atau Vaccinated Travel Lane (VTL). Sedangkan TCA adalah Travel Corridor Arrangement (TCA). VTL dan TCA memiliki perbedaan, TCA sebagai program kerja sama untuk membuka kembali izin keluar-masuk manusia atau perjalanan wisatawan dengan sejumlah negara secara resiprokal, biasanya dilakukan untuk bisnis.

Sementara, Vaccinated Travel lane (VTL) merupakan jalur khusus wisata (tujuan untuk leasure) yang disediakan suatu negara kepada negara lainnya. Turis yang berhak masuk ke negara tujuan tersebut pun mesti memenuhi kriteria tertentu, salah satunya telah menerima vaksinasi COVID-19 dosis penuh.

Bagaimana Indonesia, apakah sudah melaksanakan mekanisme perjalanan ini?

"Pemerintah saat ini telah memberlakukan peraturan ketat bagi WNA atau wisatawan mancanegara (wisman) yang akan masuk ke Indonesia. Langkah ini sebagai upaya mencegah masuknya penyebaran COVID-19 varian Omicron yang saat ini sedang merebak di banyak negara. Terkait dengan langkah ini, pemerintah belum bisa melaksanakan perjalanan tanpa karantina atau vaccinated travel lane," ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Demi pemulihan ekonomi nasional, pemerintah telah mencabut larangan masuk bagi orang yang datang atau pernah berkunjung ke 14 negara yang tertuang tertuang dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 02 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, keputusan itu diambil dengan mengingat bahwa varian Omicron sudah meluas ke 150 dari total 195 negara di dunia (76 persen negara) per 10 Januari 2022.

Pembatasan daftar negara tersebut dinilai mempersulit lalu lintas orang antar negara dan pada gilirannya akan mempersulit pemulihan ekonomi. Tentunya, penghapusan daftar larangan itu diiringi dengan penetapan kriteria WNA (warga negara asing) yang masuk ke Indonesia masih tetap sama ketatnya sebagaimana yang telah diatur dalam surat edaran satgas sebelumnya.

"Terkait pembahasan mengenai usulan VTL/TCA, 2 minggu lalu Kemenlu sempat mengundang Kemenparekraf untuk melakukan pembahasan usulan VTL atau TCA dengan Malaysia. Usulan ini masih didiskusikan hingga saat ini. Sementara itu, pembicaraan dengan India, saat ini terkait dengan charter flight pasar India. Posisi saat ini tengah disusun MOU antara India dan Indonesia melalui kordinasi dengan Kemenlu. MOU ini disusun karena pemerintah India baru mengizinkan commercial flight bila telah memiliki MOU," ujar Sandiaga.



Simak Video "Wisatawan RI Bisa Masuk Singapura Tanpa Karantina, Ini Syaratnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA