Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Jan 2022 06:05 WIB

TRAVEL NEWS

Serba-serbi LRT yang akan Wara-wiri Agustus 2022

Syanti Mustika
detikTravel
Foto udara gerbong kereta Light Rail Transit (LRT) terparkir di jalur Pancoran, Jakarta, Rabu (12/1/2022). Progres perkembangan pembangunan transportasi Lintas Rel Terpadu atau LRT yang akan melintas di Jakarta - Bogor - Depok - Bekasi (Jabodebek) tersebut sudah mencapai 88,60 persen, saat ini telah memasuki tahapan uji coba atau tahapan testing commisioning (tes fungsi) untuk rute Pancoran-Dukuh Atas. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Rangkaian Light Rail Transit (LRT) kereta layang ringan terparkir di jalur Pancoran, Jakarta (12/1/2022). Foto: ANTARA / Galih Pradipta
Jakarta -

LRT ditargetkan akan beroperasi pada Agustus 2022 nanti. Yuk intip fakta menarik seputar LRT yang perlu kamu tahu.

Sampai saat ini pembangun LRT terus digalakan ole PT KAI dan perkembangannya telah mencapai 78 %. PT KAI menargetkan LRT bisa mengangkut penumpang nantinya pada momen Kemerdekaan 2022.

"Operasional dari LRT Jabodebek ditargetkan dapat dimulai pada Agustus 2022, yang kemudian beroperasi secara penuh menggunakan Grade of Automation (GoA) level 3 pada akhir tahun 2022," kata Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo dalam diskusi publik Persiapan Operasional LRT Jabodebek, Rabu (19/1/2022) via Youtube.

detikcom telah merangkum nih, serba-serbi LRT yang akan beroperasi Agustus 2022 untuk kamu.

1. Tarif LRT Rp 15 ribu

Terkait tarif, terdapat kenaikan yang semulanya Rp 12 ribu menjadi Rp 15 ribu. Kenaikan ini terjadi karena adanya pembengkakan biaya proyek LRT.

sebelumnya, pada tahun 2019, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pernah mengatakan bahwa tarif LRT Jabodebek Rp 12 ribu. Tarif itu menurutnya sudah mendapatkan subsidi, artinya tarif sesungguhnya lebih mahal dari Rp 12 ribu.

"Perkiraannya (tarif LRT Jabodebek) Rp 12.000. Itu sudah subsidi ya, untuk Cibubur sampai Dukuh Atas," ungkap Budi Karya, di Stasiun LRT Harjamukti, Cibubur, Minggu (13/10/2019).

2. Fasilitas stasiun

Setiap stasiun LRT nantinya akan memiliki akses (lif, eskalator, tangga), toilet, ruang menyusui, musala, uang kesehatan, passanger information display syistem (PIDS), passangers announcement (PA) CCTV, emergency train stop (ETS), platform screen doors (PSD).

3. Tanpa masinis

Kereta LRT Jabodebek akan dioperasikan menggunakan sistem Communication-Based Train Control (CBTC) dengan Grade of Automation (GoA) level 3. Sistem CBTC adalah pengoperasian kereta berbasis komunikasi, sehingga sistem dapat mengoperasikan kereta dan memproyeksikan jadwal secara otomatis serta disupervisi juga secara otomatis dari pusat kendali operasi.

Dalam kereta nanti akan ada train attendant bertugas untuk memastikan segala sesuatu terkait LRT Jabodebek berjalan normal, memberikan informasi kepada pelanggan, serta memberikan pelayanan kepada pelanggan.


4. Pembangunan infrastruktur telah mencapai 78%

Untuk perkembangan saat ini, persiapan pembangunan LRT sudah mencapai 78 %. Pada bulan Januari-Mei akan dilakukan testcommissioning, lalu Juli - Agustus nanti akan dilakukan trial run.

5. Jumlah stasiun dan jam operasi

LRT nantinya akan memiliki 17 stasiun dan 1 stasiun akan terkoneksi dengan kereta cepat Jakarta - Bandung. Dan panjang lintasannya mencapai 44 km dengan 31 trainset.

Terkait jam operasional, LRT beroperasi mulai pukul 05.00 WIB-23.00 WIB. Dalam sekali perjalanan LRT dalam kondisi normal mampu membawa 7400 penumpang. Kalau kondisi padat bisa mengangkut 1.308 (174 duduk dan 566 berdiri) dalam 6 gerbong atau car.

6. Target operasional di momen Kemerdekaan 2022

Terakhir, moda transportasi LRT ditargetkan beroperasi di momen kemerdekaan tahun ini. Artinya, bukan tak mungkin kalau traveler bisa mencoba naik LRT di momen 17-Agustusan 2022 ini.

Gimana, traveler sudah tidak sabar untuk menanti LRT beroperasi bukan?



Simak Video "Melihat Gerbong LRT Melintas di Jalur Gatot Soebroto"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA