Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Jan 2022 10:45 WIB

TRAVEL NEWS

Kepo Tentang Desa Wisata? Ada Nih Tempat Mencari Infonya...

Syanti Mustika
detikTravel
Desa Wisata Wanurejo
Traveler mengambil foto di Desa Wanurejo (Eko Susanto/detikcom)
Jakarta -

Desa wisata menjadi salah satu tujuan liburan yang sedang dikembangkan pemerintah. Ada nih platform yang menyediakan informasi tentang desa wisata untuk kamu.

Mengusung konsep rural tourism, PT Pandu Teknologi Wisata meluncurkan 'Pandooin' sebagai marketplace yang menghubungkan traveler dengan para pelaku usaha di desa wisata. Startup yang dirancang sejak September 2021 ini memiliki misi untuk mengampanyekan dan mempromosikan potensi lebih dari 1800 desa wisata di seantero Indonesia.

Desa-desa tersebut memiliki berbagai keunikan, mulai dari budaya, alam, kuliner, kerajinan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, pengetahuan publik dan eksposur masih terbatas. Terlebih Covid-19 juga berdampak sangat negatif terhadap industri pariwasata, yang semakin menghambat kemajuan desa-desa tersebut.



Dalam rilis yang diterima detikcom, Jumat (21/1/2022) traveler bisa mencari informasi tentang desa wisata di Pandooin. Ini adalah platform yang menyediakan informasi tentang transportasi, akomodasi, atraksi, hingga tempat makan yang tersedia di suatu desa berikut fitur booking yang terintegrasi dengan berbagai pilihan cara pembayaran.

Dengan adanya pandooin.com harapnya bisa membantu meningkatkan awareness masyarakat dan juga membantu wisatawan mendapatkan kepercayaan dalam mengunjungi lokasi-lokasi yang susah dijangkau.

Saat ini, Pandooin telah menggandeng 18 desa di wilayah Jawa dan Bali, diantaranya Desa Cireundeu di Tangerang (Banten), Desa Taro di Bali, serta Kepulauan Karimunjawa. Pandooin juga sedang melebarkan jangkauan di wilayah Jawa Tengah antara lain Desa Wanurejo di Magelang dan sejumlah pedesaan di Kabupaten Kudus.

"Prinsip kami adalah mengutamakan dan memaksimalkan kualitas bukan kuantitas. Sehingga kami berharap untuk menampung feedback sebanyak-banyaknya dari pengunjung dan pengguna produk pandooin.com agar kami bisa terus ber-improvisasi dan mengakomodasi keinginan traveler dan penyedia jasa wisata," tutur Rafi Atqan, CEO Pandooin.

Peluncuran pandooin.com ini sekaligus menjadi undangan terbuka bagi para pelaku usaha berbasis desa wisata.

"Kami sangat terbuka untuk bekerjasama dengan pelaku usaha serta lembaga yang punya concern untuk membangkitkan kembali pariwisata, khususnya di desa. Jadi ayo kita membuka jalan dan berkembang bersama-sama," tambah Firdaus Ramadan, selaku Co-Founder Pandooin.



Simak Video "Karakteristik Membangun Spot Desa Wisata"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA