Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Jan 2022 21:17 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga: Aplikasi TLUSURE, Kreasi Anak Bangsa Fantastis

Menparekraf Sandiaga Uno dalam jumpa pers, Senin (10/1/2022).
Sandiaga Uno. Foto dok Kemenparekraf
Jakarta -

Aplikasi karya anak bangsa, TLUSURE bisa membantu wisatawan untuk menemukan destinasi yang aman dan nyaman. Menparekraf Sandiaga Uno pun mendukung terbentuknya inovasi ini.

Saat pandemi yang tak kunjung usai, ada keprihatinan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sementara, jumlah wisatawan mancanegara turun sekitar 80% di tahun 2020 dan 75% di tahun 2021.

"Jadi ini adalah indikator yang menunjukkan mobilitas ini betul-betul berdampak signifikan terhadap geliat ekonomi di sektor pariwisata termasuk juga ekonomi kreatifnya karena kita melihat bahwa industri pariwisata dan ekonomi kreatif sangat berhubungan," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

"Nilai ekonomi digital Indonesia justru terbalik meroket 49% year on year menjadi 70 miliar dolar di tahun 2021 sektor online pun mengalami kenaikan 29% menjadi 3,5 miliar USD," tambahnya.

Bagi Sandiaga, ini merupakan sebuah anomali yang harus disambut dengan inovasi. Ada peningkatan jumlah konsumen digital yang dicapai hingga 21 juta sejak Januari 2021.

"Ini merupakan perubahan karakteristik ekonomi pariwisata baru yang berdasarkan hygiene, customize, localize and smaller in size, less crowd, low mobility and low touch, kalau saya lihat ini adalah bagian dari transformasi digital di sektor kita yang menjadi keniscayaan dengan suatu terminologi baru yaitu VUCA," kata Sandiaga.

Nah, aplikasi TLUSURE diharapkan bisa membuat wisatawan bisa berwisata aman di Indonesia. Aplikasi ini akan merekomendasikan tempat yang aman dan nyaman bagi wisatawan, bahkan memberikan live update untuk mengetahui situasi terkini.

"Ini adalah suatu kenyataan yang disolusikan sekarang dengan aplikasi TLUSURE, ini adalah suatu kreasi anak bangsa fantastis, anak bangsa yang meluncurkan aplikasi TLUSURE dan pemerintah memfasilitasi saya ucapkan terima kasih aplikasi TLUSURE mudah-mudahan membuat wisatawan lebih nyaman untuk berwisata di tanah air di Indonesia aja," kata Sandiaga.

Tak hanya merekomendasikan tempat yang aman untuk wisatawan, aplikasi ini juga diharapkan bisa membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Aplikasi TLUSURE ini akan menjadi pemandu wisatawan untuk berkegiatan tentunya pemerintah berorientasi pada pemulihan perekonomian Indonesia mendorong terciptanya lapangan kerja untuk peluang ekonomi yang sekarang terbuka luas baik secara online maupun ekosistem ekonomi digital ide inovatif seperti TLUSURE ini tentunya harus terus dirancang dan diimplementasikan," tambahnya.

Sandiaga pun mengucapkan selamat kepada aplikasi TLUSURE yang baru saja diluncurkan. Dia menuturkan, aplikasi ini harus mampu menjadi game changer sebagai apresiasi tertinggi karya anak bangsa.

"Selamat dan sukses ketegasan PT Fantastis Anak Bangsa Indonesia ketegasan dan kecepatan mengeksekusi aplikasi ini akan sangat diukur dari implementasi program yang strategis," kata Sandiaga.

"Kita kuatkan ekosistem ekonomi digital kita kita siapkan wadah bagi insan kreatif dan kita hadirkan ruang untuk terus berkarya dan berinovasi," pungkasnya.



Simak Video "Pariwisata Membaik, Kemenparekraf Siapkan 1,1 Juta Lapangan Kerja Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA