Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 31 Jan 2022 16:08 WIB

TRAVEL NEWS

Big No! 5 Hal Ini Tabu untuk Dilakukan Saat Imlek

A
Ilustrasi Imlek 2022 (AP/Kin Cheung)
Jakarta -

Masyarakat Tionghoa akan merayakan Hari Raya Imlek yang jatuh pada Selasa besok. Bicara tradisi, ada sejumlah hal yang pantang dilakukan.

Sebagai negara yang mengusung Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia turut merayakan Hari Raya Imlek yang jatuh pada 1 Februari untuk tahun 2022 ini. Itu dimaknai lewat tanggal merah yang jatuh pada Selasa (1/2/2022).

Bagi masyarakat etnis Tionghoa sendiri, memaknai Imlek dengan banyak cara. Salah satunya dengan tidak melakukan sejumlah hal yang dianggap tabu di momen spesial yang datang setahun sekali itu.

Dihimpun detikTravel, Senin (31/1/2022), berikut sejumlah hal yang pantang dilakukan di momen Imlek bagi masyarakat Tionghoa. Kalau dilakukan, konon bisa berbuah buruk.

1. Makan bubur

Bubur sedianya nikmat disantap di pagi dan malam hari. Namun, agaknya kamu akan sulit menemukan bubur saat momen Imlek.

Menurut kepercayaan, bubur identik dengan makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat dengan ekonomi sulit. Menyantapnya saat Imlek, bisa berbuah kemiskinan.

Oleh sebab itu, kuliner seperti mie yang panjang malah lebih banyak dikonsumsi karena dipercaya membawa rezeki yang panjang.

2. Tak boleh cuci rambut dan baju

Mencuci rambut dan baju sedianya selalu dilakukan kapan saja. Hanya lagi-lagi, kegiatan ini pantang dilakukan saat imlek.

Percaya tak percaya, mencuci rambut sampai baju dipercaya bisa membasuh pergi keberuntungan. Jadi, pastikan kamu tak melakukannya di momen Imlek ya.

3. Tak boleh berkata kasar

Berkata kasar, mungkin kerap terlontar saat emosi atau ketika sedang berkendara. Hanya melontarkan kata kasar saat Imlek, dipercaya bisa membawa kematian. Ngeri!

Selanjutnya: Dua tradisi lainnya

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA