Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 31 Jan 2022 17:36 WIB

TRAVEL NEWS

Menikmati Libur Imlek 2022 di Kelenteng Sam Poo Kong Semarang

Tim detikcom
detikTravel
Semarang, Central Java, Indonesia (January 22nd, 2020), The Main Temple in Sam Poo Kong Complex, an iconic and heritage landmark, become a popular tourist destination in the city.
Kelenteng Sam Poo Kong. Foto: Shutterstock/
Semarang -

Libur Imlek 2022 tak lengkap bila tak berkunjung ke Kelenteng Sam Poo Kong Semarang. Kamu bisa melihat kemegahan bangunan hingga belajar sejarah.

Kelenteng Gedung Batu Sam Poo Kong di Bongasari, Semarang Barat menjadi petilasan atau pendaratan Laksamana Tiongkok beragama Islam, Sam Poo Tay Dijen.

Mengutip situs Dinas Pariwisata Kota Semarang, aetiap tahunnya bertepatan tanggal 29 Lak Gwee diadakan upacara ritual memperingati kedatangan Sam Poo Tay Dijen ke Semarang. Acara ini diramaikan dengan pawai dari Kelenteng Tay Kak Sie gang Lombok menuju Kelenteng Sam Poo Kong.

Dikutip dari situs Sam Poo Kong, kelenteng ini berarti gua San Bao dalam dialek China. Laksamana Cheng Ho tiba di pantai Simongan pada 1416 silam.

Kala itu salah seorang juru mudinya, Wang Jing Hong sakit keras. Sebuah gua batu pun dijadikan tempat beristirahat dan pengobatan untuk Wang Jing Hong.

Kemudian pada 1417, Wang Jing Hong mendirikan patung Cheng He (Cheng Ho) di gua tersebut untuk dihormati dan dikenang masyarakat sekitar. Inilah yang menjadi awal mula pembangunan Kelenteng Sam Poo Kong.

Hujan badai dan tanah longsor membuat gua tersebut runtuh pada 1704 silam. Masyarakat sekitar kemudian membangun gua buatan yang terletak bersebelahan dengan makam juru mudi Wang Jing Hong. Lalu pada 1965 Yayasan Sam Poo Kong didirikan oleh Thio Siong Thouw, dan renovasi besar-besaran dilakukan pada 2002.

Renovasi Kelenteng Sam Poo Kong selesai pada 2005. Hal ini bertepatan dengan perayaan 600 tahun kedatangan Laksamana Cheng Ho di Semarang. Bangunan pemujaan utama untuk Sam Poo Kong pun memiliki tampilan baru yang lebih megah, luas, dan nyaman.

Anda yang datang berkunjung ke Sam Poo Kong saat akhir pekan bisa menikmati bazaar makanan maupun pertunjukan barongsai. Momen libur Imlek 2022 pun bakal lebih berkesan dengan menyewa pakaian tradisional China dan berfoto di kawasan kelenteng ini.

Kelenteng Sam Poo Kong ini beralamat di Jalan Simongan No 129, Bongsari, Semarang Barat. Harga tiket masuk untuk weekdays bagi wisatawan domestik sebesar Rp 30 ribu, sedangkan untuk akhir pekan senilai Rp 45 ribu.

Artikel ini telah tayang di detikjateng, simak berita seputar Jawa Tengah dan Yogyakarta lainnya di link ini.



Simak Video "Duka Tragedi Kanjuruhan, Suporter PSIS Semarang Gelar Doa Bersama"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA