Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 07 Feb 2022 06:12 WIB

TRAVEL NEWS

Presiden Jokowi Berencana Kemah di Titik Nol IKN, Apa Itu?

Femi Diah
detikTravel
Pekerja mengoperasikan alat berat di dekat patok titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). Titik nol itu merupakan satu referensi atau patokan untuk menghitung tingkat ketinggian bangunan di atas permukaan laut, Pemerintah pusat melalui Kasatgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN PUPR Imam Santoso Ernawi menyampaikan pembangunan fisik IKN Nusantara akan dimulai pada awal Semester II 2022. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/wsj.
Titik nol IKN yang akan jadi tempat berkemah Presiden Jokowi. (ANTARA FOTO/BAYU PRATAMA S)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut bakal berkemah di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim). Apa sih titik nol IKN itu?

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menyampaikan rencana berkemah Presiden Jokowi itu dalam sebuah acara. Tetapi, hingga kini waktu kunjungan bermalam Jokowi itu masih belum ditentukan.

"Pak Presiden akan bermalam, berkemah di titik nol (IKN). Waktunya masih diatur. Tapi, tidak lama lagi," ujar Isran dalam sebuah acara dikutip dari situs resmi Pemprov Kaltim, Rabu (02/02/2022).

Pernyataan Isran itu pun menjadi perbincangan warganet. Mereka penasaran dengan titik nol IKN.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan titik nol IKN Nusantara merupakan titik referensi untuk menghitung tingkat ketinggian bangunan di atas permukaan air laut.

"Titik nol itu bukan berarti di situ kita akan mulai. Istana memang bukan di titik nol, tapi agak ke atas," ujar dia dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR RI, tengah pekan lalu.

Sementara itu, Istana Negara di IKN Nusantara rencananya dibangun di daerah yang sedikit lebih tinggi dari titik nol. Di area itu, di sayap sebelah kanan dibangun gedung DPR dan MPR. Kemudian, bagian yudikatif di sayap sebelah kiri.

"Jadi, saya kira bagus sekali kalau itu memang bisa terwujud," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani telah menyebut soal titik nol IKN Nusantara. Dia mengunggah keterangan soal titik nol IKN Nusantara di akun Instagram dia pada 6 Januari 2022.

[Gambas:Instagram]



"Titik nol sebagai referensi koordinat lokasi pembangunan kompleks Istana Negara dan Pusat Pemerintahan dan perkembangan pembangunan selanjutnya secara bertahap di Penajam Paser, Kalimantan Timur," ujar Sri Mulyani dalam unggahannya pada 7 Januari 2022.

Simak video 'Pengamat Sebut IKN Berpotensi Krisis Air Bersih':

[Gambas:Video 20detik]



(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA