Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 14 Feb 2022 23:10 WIB

TRAVEL NEWS

6 Negara Ini Larang Keras Valentine, Ada Indonesia

White Day merupakan hari balasan hadiah Valentine dari Jepang. White Day dirayakan satu bulan setelah Valentine, tepatnya pada 14 Maret.
Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto/Anikona)
Jakarta -

Hari kasih sayang atau Valentine mungkin tak tercipta untuk sejumlah negara. Tercatat, ada 6 negara yang melarangnya termasuk Indonesia.

Tanggal 14 Februari kerap dimaknai sebagai Valentine atau hari kasih sayang. Hanya bukan rahasia umum, Valentine kerap diidentikkan dengan budaya Barat atau Romawi kuno.

Bahkan di sejumlah negara, perayaan Valentine kerap ditabukan. Situs global Travel Awaits pun sampai merangkum 6 negara yang menabukan Valentine seperti dikutip detikTravel, Senin (14/2/2022).

Yang menarik, ternyata nama Indonesia masuk ke dalam satu dari 6 daftar negara yang disebut menabukan Valentine. Menurut informasi di situs tersebut, faktor agama hingga perbedaan budaya disebut menjadi alasannya.

Situs itu juga menuliskan Indonesia sebagai negara dengan mayoritas muslim, walau menganut paham sekular. Hubungan Indonesia dengan hari Valentine juga disebut cukup ambigu, mengingat tiadanya aturan resmi yang melarang hari kasih sayang itu.

Namun, dijelaskan kalau penolakan terhadap Valentine di Indonesia kerap terjadi di sejumlah wilayah yang menjadi basis kuat dari agama Islam. Nama Surabaya, Makassar hingga Banda Aceh pun disebut sebagai beberapa yang menabukan Valentine.

Hanya di kalangan muda dan milenial, Valentine disebut cukup populer untuk dirayakan di Indonesia. Khususnya di kota besar seperti Jakarta.

Dalam daftar tersebut, Indonesia berada di urutan keempat negara yang melarang Valentine. Tersebut juga nama negara tetangga Malaysia dan beberapa lainnya.

Berikut daftar lengkap 6 negara yang melarang Valentine menurut situs Travel Awaits:

1. Arab Saudi
2. Uzbekistan
3. Iran
4. Indonesia
5. Malaysia
6. Pakistan

Hanya berkaca dari kontroversi yang selalu meramaikan momen Valentine setiap tahunnya, hari kasih sayang selalu sarat dengan pro kontra. Terlepas dari itu, tentu kasih sayang menjadi sesuatu yang harus dirayakan tanpa kenal tanggal.



Simak Video "Arab Saudi Bangun Kasino dan Hotel di 2 Pulau Laut Merah"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Live Breaking News
×
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs Selengkapnya