Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Feb 2022 09:01 WIB

TRAVEL NEWS

5 Aktivitas Seru yang Wajib Dicoba saat Wisata ke Lombok

Sponsored
detikTravel
Ilustrasi Lombok
Foto: Dok. Freepik
Jakarta -

Bosan dengan Bali atau tempat wisata yang itu-itu saja? Anda bisa mencoba berwisata ke Lombok sebagai destinasi alternatif. Ada banyak pantai, Gunung Rinjani, dan pemandangan bawah laut yang indah di sana. Dijamin akan ketagihan karena pesona wisata Lombok yang spektakuler sudah pasti memanjakan mata.

Untuk urusan penginapan dan akomodasi, jangan khawatir karena kini sudah banyak tersedia hotel di Lombok, termasuk hotel dekat sirkuit Mandalika. Seru sekali kan? Nah, berikut aktivitas seru yang wajib Anda coba saat berwisata ke Lombok.

1. Naik Gunung Rinjani

Liburan tak melulu urusan staycation atau wisata yang mainstream saja. Sekali-sekali cobalah lakukan aktivitas yang menantang. Misalnya mendaki gunung Rinjani dengan trek yang memacu adrenalin. Gunung Rinjani berada di Lombok Utara dan merupakan salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia.

Dengan ketinggian mencapai 3.726 mdpl, mendaki Rinjani memberikan sensasi tersendiri. Apalagi ada Danau Segara Anak yang memiliki pemandangan memukau. Anda bisa mendaki Gunung Rinjani lewat jalur Sembalun ataupun Senaru. Dua-duanya memiliki trek yang menantang dan hamparan hijau yang Indah. Lombok akan menyuguhkan pemandangan gunung yang fantastik untuk Anda yang tidak bisa Anda temukan di tempat manapun.

2. Menyelam di Bawah Laut

Bila Anda suka dengan pemandangan bawah laut dan berjiwa petualang, cobalah untuk scuba diving di sini. Lombok memiliki banyak gili atau pulau kecil yang bisa Anda eksplor keindahan bawah lautnya. Dari sekitar 20 gili di sana, ada tiga gili yang paling populer dan wajib Anda kunjungi yaitu Gili Meno, Gili Trawangan, dan Gili Air. Anda bisa melihat keindahan terumbu karang warna warni dan ikan-ikan yang berenang bebas. Bagi Anda pecinta diving dan snorkeling, Lombok wajib masuk dalam list destinasi wisata Anda.

Selain tiga gili di atas, Anda juga bisa berkunjung ke Gili Kondo untuk melakukan fish feeding dengan roti. Caranya, Anda cukup memasukkan roti dalam botol bekas yang dicampur air lalu bawalah berenang di laut. Nah, setelah scuba diving dan snorkeling, Anda bisa bersantai di pantai dan menghabiskan waktu sambil berjemur.

3. Naik Sepeda Keliling Pantai

Ada cara lain untuk menikmati suasana pantai yang menawan, yaitu dengan bersepeda. Anda bisa mengelilingi pulau dengan menyewa sepeda dan menikmati keindahan alam sambil berolahraga. Lombok memiliki hamparan pantai yang panjang dan indah. Ada Pantai Mawun, Pantai Kuta, Pantai Tanjung A'an, Pantai Mawun, dan masih banyak lagi. Spot seperti ini cocok untuk Anda yang menginginkan ketenangan dan jauh dari hiruk pikuk kota. Anda bisa juga bersepeda di Pantai Senggigi yang menyuguhkan pemandangan menakjubkan.

4. Menyatu Dengan Penduduk Asli

Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang berbeda dan lebih otentik, Anda bisa berkunjung ke desa-desa adat di Lombok. Di desa-desa tradisional Anda bisa berkomunikasi dan menyatu dengan Suku asli lombok yaitu suku Sasak. Anda bisa melihat secara langsung keseharian mereka, aktivitas penduduk, budaya mereka dan Anda bisa berkesempatan belajar secara langsung untuk membuat kain tenun. Jadi, pastikan untuk mampir ke desa-desa wisata di Lombok penghasil kain tenun sasak. Seperti Desa Sade, Desa Ende dan Desa Sukarara. Selain bisa belajar membuat dan membeli kain tenun di ketiga desa ini Anda juga bisa berfoto memakai kain tradisional khas Lombok.

5. Wisata Keliling Kota

Saat liburan ke Lombok, meluangkan waktu untuk datang ke Museum Nusa Tenggara Barat, Taman Narmada, dan Kabun Mayura untuk mendapatkan cerita menarik tentang pulau Lombok. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Lombok. Di Lombok ada banyak souvenir khas yang bisa Anda jadikan buah tangan. Yang paling terkenal dan tak boleh dilewatkan dari Lombok yaitu kain tenun sasak yang sudah mendunia.

Tak hanya tenun, beberapa kerajinan tangan khas Lombok lainnya bisa Anda jadikan oleh-oleh untuk orang-orang terkasih. Seperti anyaman ketak dari tanaman liar, kerajinan dari tanah liat, seperti kuali, anglo, dan kendi yang bisa Anda temukan di Banyumulek, Lombok Barat.

Ada banyak hal seru yang bisa Anda lakukan di Lombok. Dengan panorama alam yang indah, tak heran, jika Lombok menjadi salah satu destinasi populer di Indonesia. Untuk urusan booking hotel, Anda bisa dapatkan di Traveloka, #TemanHidup untuk lifestyle-mu yang menyediakan clean accommodation, bisa bayar saat check in, dan hotel online check-in.

(Content Promotion/Traveloka)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA