Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 19 Feb 2022 17:43 WIB

TRAVEL NEWS

Bagaimana dan Mengapa Badai di Inggris Mendapatkan Namanya?

Badai dahsyat Eunice kini merjang Eropa. Salah astu yang terparah yakni di akwasan Inggris. Berikut foto-foto terkininya!
Badai Eunice di Inggris (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Ada begitu banyak nama badai, Gladys, Ruby, Logan, Malik, Corrie, Dudley hingga Eunice. Bagaimana dan mengapa cara mereka mendapatkan nama?

Ada cukup penjelasan logis untuk penamaan badai. Tujuannya orang akan sadar ketika cuaca buruk sedang terjadi dengan mendengar nama itu.

Penduduk suatu wilayah akan tahu adanya angin kencang, hujan atau salju. Peringatan ini akan membuat seseorang bersiap ke tempat aman.

Penamaan itu masih relatif baru, melansir BBC. Kantor Met Inggris mulai melakukannya pada tahun 2015 bersama dengan peramal di Irlandia dan kemudian Belanda bergabung.

Kapan badai dinamai?

Nama diberikan ketika badai diperkirakan akan menyebabkan dampak sedang atau tinggi, atau berpotensi menyebabkan peringatan kuning atau merah.

Peringatan ini akan dikabarkan oleh Layanan Peringatan Cuaca Parah Nasional Kantor Met dan dikeluarkan untuk hal-hal seperti hujan, angin, salju, es, kabut, dan panas yang ekstrem.

Bagaimana nama-nama itu dipilih?

Kantor Met meminta masyarakat untuk mengajukan nama yang memungkinkan dan daftar baru diterbitkan setiap tahun.

Nama dari A-Z, yang berlangsung dari awal September hingga akhir Agustus, berganti antara pria dan wanita. Jadi penamaannya dari Arwen, Barra, dan Corrie dalam siklus ini.

Badai dahsyat Eunice kini merjang Eropa. Salah astu yang terparah yakni di akwasan Inggris. Berikut foto-foto terkininya!Badai Eunice di Inggris (Foto: Getty Images)

Lebih dari 10.000 pengajuan dibuat oleh masyarakat pada Inggris tahun lalu. Nama-nama yang dipilih mencerminkan beberapa pilihan yang lebih populer, serta beberapa alasan yang menarik hati.

Ketika badai tiba, peramal akan memilih nama berikutnya dari daftar, menurut abjad. Selanjutnya setelah Eunice adalah Storm Franklin.

Mengapa tidak ada badai untuk Q, U, X, Y dan Z?

Berita buruk jika namanya dimulai dengan Q,U,X,Y atau Z. Anda tidak akan pernah mendapatkan badai yang dinamai menurut nama Anda.

Ini untuk menghindari bentrokan dengan konvensi penamaan badai di AS.

Badai Eunice masuk dalam kategori merah. Itu peringatan terkuat yang berarti diperkirakan ada cuaca yang mengancam jiwa dan risiko gangguan besar pada perjalanan dan pasokan energi.

Ada peringatan merah untuk London, sebagian Inggris Timur, dan Wales selatan. Jutaan orang diminta untuk tinggal di rumah.

Selain itu, Eunice bisa mengakibatkan turunnya salju di daerah tinggi dan di atas perbukitan Inggris utara, ke Skotlandia selatan dan Irlandia Utara.



Simak Video "Melihat Ganasnya Badai Menerjang Ibu Kota Selandia Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA