Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Feb 2022 08:15 WIB

TRAVEL NEWS

Ia Mampu Membuat Pesawat Terlihat Seksi

Fotografi pesawat Laird Kay
Fotografi pesawat (Foto: Laird Kay/CNN)
Jakarta -

Bagi fotografer ini, pesawat bukan hanya menjadi objek atau alat transportasi. Ia mampu mengubahnya menjadi hal yang terlihat seksi.

Dalam bidikan Laird Kay, detail paku keling, insulasi, dan pipa knalpot terlihat indah. Begitu pula dengan pesawat.

Kisah Kay adalah kisah menarik tentang seorang pria yang mengubah hobinya menjadi profesi. Yang paling mencengangkan adalah meski dia sekarang dipekerjakan oleh perusahaan-perusahaan seperti Lufthansa, Air Canada, dan Virgin Atlantic, beberapa tahun yang lalu dia bekerja di pekerjaan yang sama sekali berbeda.

"Saya selalu menjadi pecandu pesawat dan saya selalu menyukai fotografi," kata Kay, yang jatuh cinta pada penerbangan pada penerbangan pertamanya dengan 747 sebagai seorang anak.

Tapi, seperti yang dia katakan, kehidupan biasa terjadi. Dia menjadi seorang desainer dan akhirnya menghabiskan satu dekade merancang gudang anggur.

Setelah 12 tahun berkecimpung dalam bisnis desain, dia memutuskan untuk mencoba poros baru. Dia memulainya sebagai sebagai fotografer lepas untuk interior dan pemotretan produk.

Fotografi pesawat Laird KayFotografi pesawat (Foto: Laird Kay/CNN)

Saat nongkrong di bandara untuk pertama kali, ia menggabungkan keterampilan fotografi dengan cinta awalnya yang lain yakni pesawat terbang.

Cintanya pindah dari yang pasif ke aktif. Ia spotting untuk pertama kalinya di Toronto di mana bisa dekat dengan tempat pesawat mendarat dan tepat di bawahnya saat pendekatan.

Foto-foto Kay tentang pesawat yang mendarat di kota asalnya Toronto, yang diunggah di Tumblr, memiliki estetika yang sangat spesifik.

Dia menggunakan latar belakangnya sebagai seorang desainer untuk memahami detail mekanis. Ia memotret dengan cara yang tidak akan pernah disadari oleh kita yang tidak memiliki mata analitis.

Pada 2015, setelah 18 bulan menjalankan Tumblr-nya, dia mendapat email dari Lufthansa, menanyakan apakah dia mau bekerja dengan mereka. Maskapai itu berharap dia memotret penerbangan pengiriman Boeing 747 yang memiliki corak retro terbang dari Seattle ke Frankfurt.

"Saya mulai melakukan lebih banyak fotografi penerbangan," katanya.

"Lebih banyak maskapai menemukan saya di media sosial dan ingin bekerja dengan saya, dan saya juga mulai menawarkan yang lain. Idenya: untuk memamerkan keindahan pesawat serta mereknya," kata dia.

Fotografi pesawat Laird KayFotografi pesawat (Foto: Laird Kay/CNN)

Selama delapan tahun terakhir, Kay telah beralih menjadi fotografer pesawat berpengalaman. Dan, kini profesi itu menjadi bagian terbesar dari bisnisnya.

Dia memotret segalanya mulai dari jet pribadi hingga pabrik pesawat terbang. Dia mencondongkan tubuh dari jendela helikopter yang terbuka untuk memotret bandara LAX di Los Angeles, memotret jalur produksi untuk A220 Air France, dan memotret kampanye untuk Virgin Atlantic.

Dia bekerja untuk bandara dari Santiago de Chile ke Paris Charles de Gaulle, dan telah meliput makanan maskapai, corak dan jalur perakitan.

Meski dia pindah dari Tumblr dan kini lebih suka Instagram, estetika Kay tidak berubah.

"Apa yang saya suka adalah memotret detail yang tidak diperhatikan orang," katanya.

"Saya suka menemukan lekukan dan tekstur casing jendela; pola sabuk pengaman menempel pada kursi. Pikirkan semua orang dalam proses desain, setiap titik sentuh sangat dipertimbangkan. Saya hanya ingin menunjukkannya, 'Saya lihat apa yang telah Anda lakukan, dan menyukainya,'" kata dia.

Dia juga sering memotret kru dan bandara, serta proses di balik layar seperti bongkar muat.

"Saya masih terpesona dengan keajaiban penerbangan dan bagaimana penciptaan mesin yang indah ini untuk berkeliling dunia. Berapa banyak orang yang terlibat dalam proses desain, dari lokasi paku keling hingga kurva jendela," kata dia.

"Saya suka membuat pesawat terlihat seksi," ujar Kay.



Simak Video "Pesawat Twin Otter Berisi 22 Orang Hilang Kontak di Nepal"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA