Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 22 Feb 2022 16:48 WIB

TRAVEL NEWS

Jam Buka Kawah Ijen Bikin Wisatawan Harus Ngebut ke Puncak demi Blue Flame

Ardian Fanani
detikTravel
blue flame di kawah ijen
Blue flame di Kawah Ijen (Foto: Istimewa)
Bondowoso -

Wisatawan di Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen mengeluhkan tak bisa melihat blue flame. Pilihannya ngebut atau gagal menyaksikan blue fire.

Blue flame merupakan daya tarik wisata destinasi wisata yang berada di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur itu. Tetapi, kini wisatawan tidak bisa menyaksikannya lagi.

Rupanya, situasi itu disebabkan oleh waktu masuk menuju puncak Ijen yang dinilai kurang dini, yakni dibuka sekitar pukul 03.00 WIB. Padahal, perjalanan menuju puncak Kawah Ijen membutuhkan waktu setidaknya tiga jam.

So, dengan jam buka itu, traveler harus ngebut untuk bisa menyaksikan blue flame. Padahal, jalurnya berupa tanjakan yang tidak ada habisnya.

WD (23), salah satu wisatawan asal Surabaya menyebut tak bisa melihat blue flame seperti yang dipromosikan oleh Pemkab Banyuwangi.

"Ya sayang saja, kami datang jauh dari Surabaya itu pengen lihat blue flame. Tapi, ternyata tidak bisa," ujar WD kepada detikcom, Selasa (22/2/2022).

"Jadi tidak bisa sampai melihat blue flame. Sudah terlalu siang. Padahal, jika pengen melihat blue flame harus kondisi gelap," kata dia lagi.

Senada, ST (20), wisatawan asal Jakarta, juga mempertanyakan kebijakan baru itu. Dia bilang datang ke TWA Kawah Ijen sekira pukul 00.30 WIB, Selasa (22/2/2022). Dia mengira pembukaan kawasan itu sekira pukul 01.00 WIB, dengan harapan bisa melihat blue flame.

"Lah kok datang ke sini dibuka jam 03.00 WIB. Jadi tidak bisa melihat blue flame," katanya.

Dia berharap ada kebijakan dari pengelola destinasi wisata TWA Kawah Ijen untuk membuka kembali pendakian seperti sedia kala. Sebelumnya

"Ya dibuka lagi lah seperti dulu. Karena perjalanan ke sana itu butuh waktu sekitar 3 jam. Kalau dibuka jam 3 ya jam 6 sampai sana. Sudah terang tidak ada Blue Flame," dia berharap.



Simak Video "Menikmati Segelas Kopi Hangat Dengan Pemandangan Indah Gunung Raung, Bondowoso"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA