Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 23 Feb 2022 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Ternyata Anak Muda Jepang Malah Banyak yang Tak Minum Sake

Putu Intan
detikTravel
Sake, minuman khas Jepang
Sake Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Popularitas sake agaknya terancam karena generasi muda di Jepang tak terlalu tertarik pada minuman ini. Kenapa ya?

Sake adalah minuman khas Jepang yang terbuat dari beras fermentasi. Minuman ini begitu dicintai, tak cuma oleh masyarakat Jepang tetapi juga masyarakat dunia.

Sake juga menjadi salah satu ikon Jepang. Wisatawan asing yang datang ke sana, belum afdol rasanya bila tak menenggak sake.

Namun dewasa ini, minuman beralkohol tersebut tak terlalu menarik bagi anak-anak muda di Jepang. Temuan ini berdasarkan penelitian independen yang dilakukan pabrik sake Tatenokawa.

Dilansir dari Soranews 24, Rabu (23/2/2022) Tatenokawa adalah pabrik sake ternama di Jepang dan sudah eksis selama 180 tahun. Pabrik ini terletak di Prefektur Yamagata.

Kembali ke penelitian, pabrik ini melakukan survei pada 10.000 pria dan wanita yang rentang usianya antara 20-60 tahun.

Dari survei itu didapatkan, sebanyak 28 persen responden berusia 20-30 tahun mengatakan mereka sudah tidak minum sake lebih dari setahun.

Lalu sebanyak 42 persen menjawab mereka tidak pernah minum sake sebelumnya. Ini berarti, setidaknya 70 persen responden itu tidak minum sake sama sekali dalam setahun terakhir.

Menariknya lagi, survei itu juga mengungkapkan perbedaan gender dalam mengkonsumsi sake. Sebanyak 74 persen dari semua wanita yang disurvei tidak minum sake selama lebih dari setahun.

Wanita punya kecenderungan minum sake bersama keluarga atau teman. Sedangkan laki-laki lebih suka minum sake sendirian.

Dengan adanya pandemi COVID-19, wanita lebih sulit untuk mengkonsumsi sake. Tatenokawa khawatir, hal ini mengakibatkan sedikit wanita yang akan minum sake di masa depan.

Hasil survei ini ditanggapi beragam oleh masyarakat Jepang. Beberapa merasa survei ini benar karena mereka juga tak terlalu tertarik pada minuman itu.

"Sake yang enak itu mahal. Anak muda mungkin tidak meminumnya karena terlalu mahal," kata seorang netizen.

"Banyak orang akhir-akhir ini tidak minum alkohol. Bukan soal tidak minum sake tetapi mereka tidak minum alkohol sama sekali," ujar yang lain.

"Saya minum sake di pesta kerja, tetapi saya tidak akan meminumnya jika harus memilih," kata yang lain.



Simak Video "Jepang Dilanda Banjir Parah, Jembatan Ambruk-Mobil Nyungsep"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA