Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 26 Feb 2022 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

Rusia dan Ukraina Memanas, Negara Mana yang Aman untuk Traveling?

Syanti Mustika
detikTravel
Wisata anak di Selandia Baru
Foto: dok. Tourism New Zealand
Jakarta -

Invasi Rusia ke Ukraina berdampak pada pariwisata, salah satunya pembatalan terbang ke negara tersebut. Kira-kira ke manaagar traveling tetap aman?

Sejumlah daerah Ukraina telah berhasil dikuasai oleh Rusia dalam operasi militer itu. Termasuk, Zona Eksklusi Chernobyl yang berada di Kota Pripyat, Ukraina.

Invasi itu direspons negara-negara lain, mulai dari Jepang, Jerman, Inggris hingga Amerika Serikat. Salah satu imbasnya, ruter penerbangan berubah. Selain itu, keamanan pariwisata juga terpengaruh.

Kira-kira negara mana yang aman untuk dikunjungi saat invasi Rusia ke Ukraina itu terjadi?

Dilansir dari Express, Sabtu (26/2/2022) disebutkan tiga negara yang aman dikunjungi untuk traveling saat ini.

1. Islandia

Menurut Global Peace Index (GPI), Islandia adalah negara teraman secara global selama 13 tahun berturut-turut. Itu didukung dengan tingkat kejahatan dan pembunuhan per kapita yang sangat rendah.

Berbeda dengan negara lain, Islandia tidak memiliki tentara dan polisi tidak membawa senjata (hanya tongkat yang dapat diperpanjang dan semprotan merica). Sangat aman, bahkan presiden Islandia tidak memiliki pengawal.

Selain itu, di Islandia terdapat peraturan mengemudi yang ketat dimana kecepatan yang boleh dikendarai seseorang adalah 55,9 mph. Dan apabila melanggar undang-undang ngebut yang ketat di Islandia akan menghasilkan denda yang sangat tinggi.

2. Selandia Baru

Selandia Baru atau New Zealand adalah negara teraman kedua untuk dikunjungi menurut GPI. Sama seperti Islandia, tingkat kejahatannya rendah dan kejahatan yang ada sebagian besar adalah pencurian kecil-kecilan dan penjambretan tas.

Dalam catatan, belum pernah sejarahnya ada serangan terorisme di Selandia Baru. Selain itu, maskapai penerbangan nasional Selandia Baru, Air New Zealand menduduki peringkat sebagai maskapai teraman nomor satu untuk tahun ini menurut AirlineRaitings.com.


3. Swiss

Jika ditanya tempat paling aman di dunia, Swiss akan berada di posisi pertama. Dan, setiap tahunnya selalu masuk ke dalam daftar tempat paling aman.

Swiss dianggap sebagai salah satu negara dengan standar hidup tertinggi dan ekonomi paling stabil. Secara historis pun, Swiss telah mempertahankan posisi netral di masa perang.

Sikap netralitas ini inisiatif sendiri, permanen, dan disiapkan untuk mempromosikan perdamaian dan keamanan.


Bagaimana menurut traveler?

Simak juga 'Bantu Ukraina, NATO Kerahkan Pasukan di Darat-Laut-Udara':

[Gambas:Video 20detik]



(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA