Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 03 Mar 2022 22:49 WIB

TRAVEL NEWS

Alarm Kebakaran Menyala, Penumpang Pesawat di China Berhamburan Keluar

Penumpang Pesawat A9
Foto: Insiden Pesawat A9 (AP)
Changsha -

Insiden mengejutkan dialami oleh penumpang pesawat di China. Alarm kebakaran pesawat yang mereka tumpangi menyala. Akibatnya, mereka berlarian keluar pesawat.

Raut wajah ketakutan terlihat jelas dari penumpang pesawat 9 Air, maskapai berbiaya murah dari China, setelah pesawat yang mereka tumpangi mendarat darurat di Changsha, ibu kota provinsi Hunan.

Pesawat 9 Air itu terpaksa mendarat darurat di kota Changsa karena mengalami masalah saat sedang mengudara. Secara tiba-tiba, alarm kebakaran di bagian kargo pesawat itu berbunyi dengan nyaring, tanda ada kebakaran terjadi di pesawat tersebut.

Dilansir detikTravel dari AP, pesawat Boeing 737 milik 9 Air itu kemudian berhenti di tengah landasan pacu, lalu mengeluarkan pintu darurat, tanpa sempat menuju ke apron bandara.

Dalam video yang beredar di media sosial, penumpang pesawat langsung berhamburan dengan paniknya begitu tangga darurat diluncurkan. Mereka berlari sekencang mungkin berusaha menjauh dari pesawat yang mereka naiki.

Pesawat dengan nomor penerbangan AQ1305 itu rencananya akan terbang dari kota Guangzhou di provinsi Guangdong menuju ke kota Yichang di provinsi Hubei. Namun karena mengalami masalah, pesawat malah mendarat darurat di Changsha.

Dalam pernyataannya, pihak maskapai Air 9 menyebut pesawat itu mengangkut 105 orang penumpang termasuk kru kabin. Semuanya berhasil dievakuasi dengan selamat di Bandara Internasional Changsha Huanghua, tanpa ada yang mengalami cedera apapun.

Pihak Air 9 mengatakan akan bersikap kooperatif dalam proses investigasi terkait insiden ini. Otoritas Penerbangan China memang akan melakukan investigasi untuk mencari tahu penyebab mengapa alarm kebakaran bisa berbunyi.

Menurut kesaksian beberapa orang penumpang, mereka sempat mendengar pengumuman adanya kerusakan mekanik dalam pesawat itu.

Namun menurut beberapa foto yang beredar, tampak penyebab alarm kebakaran bisa berbunyi adalah sebuah koper berwarna pink yang terlihat rusak karena ledakan. Koper itu telah disingkirkan dari pesawat. Dugaan sementara karena ada baterai lithium yang ada di koper tersebut.



Simak Video "China Sukses Luncurkan 3 Satelit Baru ke Orbit"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA