Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 03 Mar 2022 20:45 WIB

TRAVEL NEWS

Dieng 'Panen' Ribuan Wisatawan di Libur Nyepi

Uje Hartono
detikTravel
Suasana di komplek Candi Arjuna, Kamis (3/3/2022)
Suasana di Komplek Candi Arjuna (dok. UPT Dieng)
Wonosobo -

Kunjungan wisatawan di dataran tinggi Dieng mengalami kenaikan saat libur nasional pekan ini. Wisatawan sebagian besar berasal dari luar kota.

"Ada peningkatan kunjungan ketika hari libur. Apalagi pada minggu ini ada dua hari libur. Hari ini dan hari Senin kemarin," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dieng Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sri Utami saat dihubungi detikJateng, Kamis (3/3/2022).

Berdasarkan rekap data, jumlah kunjungan untuk objek wisata Candi Arjuna dan Kawah Sikidah di masa libur Nyepi ini berjumlah ribuan orang.

"Untuk hari ini Kamis, posisi per jam 14.18 WIB ada 3.156 wisatawan. Jumlah ini masih bisa terus bertambah sampai sore nanti," terang dia.

"Ini termasuk ramai dibanding biasanya. Kalau hari libur atau libur panjang ini memang ada kenaikan jumlah kunjungan. Tapi wisatawan kan terus bergerak keluar masuk," sambung Sri.

Baca juga:
Gass Lur! Jalur Selo Favorit Pendaki Merbabu Dibuka Kembali 5 Maret
Sementara itu, jumlah kunjungan pada akhir pekan lalu, dari Sabtu hingga Senin mencapai 16.902 wisatawan. Sri menyebut sebagian besar wisatawan berasal dari luar kota.

"Untuk rekap yang akhir pekan kemarin, dari hari Sabtu, Minggu dan Senin ada 16.902 wisatawan. Rata-rata dari luar kota, dari Jakarta, dan Pantura. Wisatawan dari Jawa Timur juga sudah mulai banyak," terangnya.

Meski begitu, wisatawan tetap diminta untuk menerapkan protokol kesehatan. Termasuk wajib memakai masker, dan menunjukkan sertifikat vaksin.

"Untuk protokol kesehatan tetap harus dijalankan. Dengan angka kunjungan itu, wisatawan kan terus bergerak keluar masuk. Jadi tidak sampai menumpuk di waktu yang bersamaan," jelasnya.



Simak Video "Penampakan Dieng 'Membeku', Suhu Minus 1,2 Derajat Celsius"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA