Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 07 Mar 2022 17:40 WIB

TRAVEL NEWS

Wisman ke Bali Tanpa Karantina, Ini Tanggapan Pengamat Pariwisata

Terlihat suasana Pantai Melasti Ungasan di padati wisatawan lokal dan Internasional, Denpasar, Bali,
21 Februari 2022. Pemerintah telah membuka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia melalui dua pintu masuk, yaitu Bali dan Kepulauan Riau, Dalam hal asuransi kesehatan, contohnya, berdasarkan kesepakatan kementerian dan lembaga terkait,
maka WNA (warga negara asing) diminta memiliki asuransi kesehatan, mempertimbangkan risiko yang ada.
Foto: Turis di Bali (Ichalchem/d'Traveler)
Jakarta -

Wisatawan mancanegara yang liburan ke Bali sekarang tidak perlu menjalani karantina. Pengamat pariwisata, Taufan Rahmadi sangat mendukung kebijakan itu.

Mulai hari Senin (7/3) ini, wisatawan mancanegara bisa liburan ke Bali tanpa perlu menjalani karantina. Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI telah menerbitkan aturan pembukaan visa kunjungan saat kedatangan atau visa on arrival (VOA) khusus wisata bagi 23 negara melalui pintu kedatangan Bali.

"Aturan ini mulai berlaku Senin (7/3/2022) dan hanya diterapkan bagi wisatawan asing yang akan berkunjung ke Bali," kata Subkoordinator Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham Achmad Nur Saleh melalui keterangan tertulisnya.

Pengamat pariwisata, Taufan Rahmadi sangat mendukung kebijakan itu. Menurutnya, kebijakan Bali Tanpa Karantina tidak hanya berdampak bagi Bali sendiri, tetapi akan berdampak juga pada 3 hal lainnya. Apa saja?

"Pertama, citra pariwisata Indonesia di mata dunia. Kebijakan tanpa karantina ini menunjukkan keberhasilan pemerintah di dalam beradaptasi dan mulai hidup berdampingan dengan Covid-19," ujar Taufan dalam keterangannya, Senin (7/3/2022).

Kemudian dampak selanjutnya adalah, kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali akan membawa efek positif bagi daerah lain yang ada di sekitarnya.

"Yang kedua, memberikan dampak bagi kunjungan-kunjungan wisatawan mancanegara ke destinasi-destinasi wisata yang ada di provinsi-provinsi tetangga seperti Lombok NTB, Labuan Bajo NTT dan Banyuwangi Jawa Timur," imbuhnya.

Terakhir, Taufan menambahkan kebijakan tersebut akan membawa optimisme pulihnya sektor pariwisata nasional.

"Tentu saja ini akan membangkitkan semangat kolektif dan optimisme dari ekosistem pariwisata nasional bahwa sektor pariwisata akan segera pulih kembali," pungkas Taufan.

Total ada wisatawan mancanegara dari 23 negara yang boleh berwisata ke Bali tanpa karantina.

Berikut daftar 23 Negara Bebas Visa on Arrival ke Bali:

1. Australia
2. Amerika Serikat
3. Belanda
4. Brunei Darussalam
5. Filipina
6. Inggris
7. Italia
8. Jepang
9. Jerman
10. Kamboja
11. Kanada
12. Korea Selatan
13. Laos
14. Malaysia
15. Myanmar
16. Perancis
17. Qatar
18. Selandia Baru
19. Singapura
20. Thailand
21. Turki
22. Uni Emirat Arab
23. Vietnam



Simak Video "Visa on Arrival Berlaku di Bali untuk 23 Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA