Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 08 Mar 2022 14:25 WIB

TRAVEL NEWS

Penghapusan Tes PCR-Antigen di Pesawat-KA Sudah Dengar Masukan Ahli

Ilustrasi wisatawan di Stasiun Gambir saat momen long weekend pekan ini, Senin (28/2).
Penumpang kereta api (Foto: dok PT KAI Daop 1 Jakarta)
Jakarta -

Pemerintah menghapus syarat tes PCR-Antigen untuk perjalanan domestik menggunakan pesawat dan kereta api jarak jauh. Apa alasan kuatnya?

Ada begitu banyak pertanyaan dan lebih ke keraguan setelah proses skrining tersebut dihilangkan tersebut. Mereka sangsi akan terjaminnya kesehatan penumpang.

"Untuk kebijakan pelaku perjalanan domestik ini kita mengambil kebijakan berbasis data-data dan juga masukan para ahli epidemolog," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam temu wartawan mingguan.

"Di mana dari data yang diterima jumlah masyarakat yang telah divaksinasi lengkap dan sudah melengkapinya dengan booster dan pengendalian pandemi di Jawa-Bali maupun di luar Jawa-Bali menunjukkan angka yang terkendali," imbuh dia.

Berdasar penegasan di atas, pemerintah pusat tak ingin traveler takut lagi. Karena, sudah saatnya geliat ekonomi juga dihidupkan kembali.

"Oleh karena itu kebijakan ini diambil untuk memastikan bukan hanya kita memprioritaskan kesehatan tapi kita memulai membuka peluang-peluang baru agar ekonomi masyarakat dua tahun terakhir ini yang terkontraksi berat oleh pandemi bisa segera menggeliat," tegas Sandiaga.

"Dan ini akan menggenjot pertumbuhan ekonomi di daerah. Termasuk dalam bagian dari menyambut bulan suci Ramadan dan Lebaran yang akan datang," imbuh dia.

Sebagai informasi tambahan, pemerintah pusat menargetkan jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 1,8-3,6 juta sampai akhir tahun. Pelonggaran di dalam negeri akan menjadi penarik lanjutan agar turis tak berkumpul di Bali saja karena sudah bebas karantina.

"Tapi kita berharap dengan pembukaan Bali tanpa karantina mudah-mudahan angka ini bisa kita revisi," imbuh dia.



Simak Video "Menuju RI Bebas Karantina, Menparekraf Ingatkan Pelaku Pariwisata Hal Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA