Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Mar 2022 19:24 WIB

TRAVEL NEWS

Tebing di Jalur Wisata Bromo Longsor, Akses Terganggu

M Rofiq
detikTravel
Longsor di jalur wisata Gunung Bromo di Sukapura Probolinggo
Longsor di jalur wisata Gunung Bromo di Sukapura Probolinggo. (M Rofiq/detikcom)
Probolinggo -

Tebing di jalur menuju lokasi wisata Gunung Bromo longsor. Jalur menuju ikon wisata Jawa Timur itu pun terganggu.

Tebing longsor menuju Gunung Bromo itu terjadi Jumat (11/3/2022) malam usai hujan deras. Jalur lalu lintas warga dan wisatawan di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo pun tertutup material longsoran.

"Tebing longsor pukul 23.30 WIB, tumpukan tanah menutupi jalan raya jalur wisata Gunung Bromo. Tadi pagi warga dibantu petugas gabungan membersihkan material tanah dan sudah bisa dilintasi satu lajur," ujar Anggota Polsek Sukapura Aiptu Ihwan, Sabtu (12/3/2022).

Sejak kemarin malam petugas BPBD setempat bersama TNI/Polri dan warga Tengger bahu membahu membersihkan material longsoran dengan alat seadanya. Tadi pagi jalan warga dan jalan wisata itu bisa dilintasi meski hanya satu lajur secara bergantian dengan sistem buka tutup.

Alat berat dari Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo yang dikerahkan untuk membersihkan material longsor tiba di lokasi Sabtu siang. Pembersihan material longsor masih dilakukan sampai pukul 13.41 WIB dan diperkirakan tuntas pukul 14.00 WIB.

Sejumlah anggota kepolisian dari Polsek Sukapura bersama anggota Koramil Sukapura melakukan pengaturan lalu lintas di lokasi longsor. Sementara alat berat masih melakukan pembersihan lalu lintas diatur dengan sistem buka tutup.

"Alat berat dari PUPR Pemkab Probolinggo masih bekerja melakukan pembersihan material. Kami perkirakan pukul 14.00 WIB sudah selesai dan arus lalu lintas bisa kembali normal," kata Aiptu Ihwan.

Petugas kepolisian di lapangan mengimbau warga setempat maupun wisatawan Gunung Bromo yang hendak melintasi jalur itu agar lebih berhati-hati karena sering terjadi hujan deras dan rawan longsor.

***

Artikel sudah lebih dulu tayang di detikJatim



Simak Video "Libur Lebaran, Wisata Gunung Bromo Dipadati Wisatawan Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA