Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 13 Mar 2022 22:21 WIB

TRAVEL NEWS

Amerika Serikat di Bawah Ancaman Laba-laba 'Terbang' dari Jepang

Spesies laba-laba dari Jepang
Foto: Laba-laba Joro (AP)
Georgia -

Tim peneliti dari Universitas Georgia mengungkap adanya ancaman yang disebabkan oleh laba-laba dari Jepang. Spesies itu siap menguasai pesisir timur AS.

Ilmuwan dari University of Georgia menyebut Amerika Serikat sedang dalam ancaman kolonisasi oleh spesies alien dari Jepang. Spesies itu adalah Laba-laba Joro. Nama ilmiahnya Trichonephila clavata.

Spesies laba-laba itu diketahui tiba di Amerika Serikat pada tahun 2013 silam. Laba-laba itu tak sengaja 'terbang' ke AS karena terbawa oleh penumpang yang berasal dari Jepang.

Tibanya spesies laba-laba ini di AS ternyata jadi kabar buruk. Mereka ternyata sangat invasif dan menyebar dengan cepat. Mereka bahkan akan menguasai kawasan pesisir timur Amerika Serikat.

Dr Andy Davis, ketua tim peneliti dari Universitas Georgia menyebut laba-laba Joro itu sangat cocok dengan ekosistem lokal di AS.

Iklim Amerika Serikat yang mirip-mirip seperti di Jepang, membuat spesies laba-laba ini jadi tahan terhadap suhu dingin, bahkan bisa membunuh spesies laba-laba lainnya.

"Orang-orang di sini harus mencoba untuk belajar hidup berdampingan dengan mereka," kata Davis.

"Jika mereka menghalangi jalan Anda, Anda bisa mengambil jaring mereka dan menyingkirkannya ke samping, tapi mereka akan tetap kembali lagi ke sana," imbuh Davis.

Laba-laba Joro bisa tumbuh hingga sebesar ukuran telapak tangan manusia dewasa. Meski tidak agresif, spesies laba-laba ini akan menggigit untuk melindungi diri mereka. Gigitannya cukup menyakitkan, namun tidak membahayakan nyawa manusia.

Selain di Jepang, spesies laba-laba ini juga bisa ditemukan di Korea, Taiwan dan China. Mereka dikenal sebagai spesies yang bisa 'terbang' dengan menggunakan jaring yang terbawa angin.



Simak Video "Ledakan Misterius di AS, 3 Orang Tewas-39 Rumah Hancur"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA