Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 21 Mar 2022 09:40 WIB

TRAVEL NEWS

Asap Hitam di Mandalika, Penonton MotoGP 3 Jam Menunggu Shuttle Bus

Tim detikcom
detikTravel
Pawang hujan di gelaran MotoGP Mandalika.
Foto: Asap hitam di Sirkuit Mandalika (Ardhi Suryadi/detikcom)
Lombok Tengah -

Sejumlah orang kaget melihat penampakan asap hitam di sekitar sirkuit Mandalika. Ternyata aksi bakar-bakaran itu disengaja. Ada juga kisruh penonton MotoGP.

Berita terpopuler detikTravel, Minggu (20/3) menampilkan tentang Rara, seorang pawang hujan yang bertugas mengawal balapan di Pertamina Mandalika International Street Circuit yang meminta dilakukan aksi bakar-bakar di dekat gate utama Sirkuit Mandalika.

Lokasi ini terlihat memang disediakan untuk pawang hujan. Di sekitar lokasi ada sisa-sisa sesajen yang berserakan di tanah, bersebelahan dengan lokasi pembakaran.

Menurut petugas yang berjaga di sekitar lokasi, aksi bakar-bakaran ini dilakukan untuk kebutuhan pawang. 'Jadi biar hujan diusir dengan panas api," tukasnya saat disambangi detikcom.

Pantauan detikcom di sirkuit Mandalika, sampai pukul 16.00 WITA hujan masih mengguyur meski intensitasnya sudah berkurang.

Diberitakan sebelumnya, penyelenggara MotoGP Mandalika telah menggunakan teknologi modifikasi cuaca atau TMC agar cuaca cerah. Seorang pawang hujan bernama Rara Isti Wulandari pun melakukan ritual agar cuaca di sekitar Sirkuit Mandalika cerah selama pelaksanaan race MotoGP.

Rara pernah menjadi pawang hujan acara Opening Asian Games 2018. Dia mengaku diajak untuk berkolaborasi dengan otoritas sirkuit. Rara melakukan ritual tradisional saat sesi latihan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Jumat kemarin (18/3).

Tak hanya pawang, Menparekraf Sandiaga Uno bahkan juga meminta bantuan dari pihak peneliti untuk membantu mengusir hujan lewat teknologi terkini.

"Berkaca kepada event WSBK tahun lalu, untuk mengantisipasi agar cuaca bisa kondusif kami telah menyiapkan beberapa alternatif termasuk Teknologi Modifikasi Cuaca dengan melibatkan BRIN, BMKG dan TNI AU. Agar ajang balap internasional @motogp di Mandalika ini bisa berjalan dengan lancar," kata Sandiaga melalui postingan Instagramnya, Kamis (17/3).

Hanya saja, baik BRIN maupun pawang tetap diterjunkan untuk menyukseskan gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia akhir pekan ini. Ya, walau tadi siang sempat hujan juga..

Itulah berita terpopuler detikTravel, Minggu (20/3) kemarin. Selain itu, masih ada juga berita tentang penonton MotoGP Mandalika yang harus menunggu 3 jam sebelum dijemput Shuttle Bus.

Berikut Daftar Lengkap Berita Terpopuler detikTravel, Minggu (20/3/2022):

1. Asap Hitam Membumbung di Mandalika, Disebut Aksi Pawang Hujan
2. Kisruh Usai MotoGP, Penumpang Bengong 3 Jam Menunggu Shuttle Bus
3. Duet Modifikasi Cuaca & Pawang Gak Mempan, Mandalika Hujan!
4. Putin Strikes Back! Perusahaan Kargo Rusia Setop Gunakan Pesawat Boeing
5. Usai MotoGP, Batik Sampai Garuda Indonesia Delay di Bandara Lombok
6. Kisah Ribuan Orang Rusia Mengais Suaka ke Amerika
7. Penonton MotoGP Booking Kamar Lewat Aplikasi, Tiba di Lombok Digetok Harga
8. Kala Penonton MotoGP Diungsikan Bus Polisi Sampai Truk Brimob
9. Suasana Mandalika Makin Ramai Menjelang Balapan MotoGP
10. Emoh Jual BBM, Superyacht Crazy Rich Rusia Terjebak di Norwegia

Simak Video 'Penampakan Kemacetan Usai Perhelatan MotoGP Mandalika':

[Gambas:Video 20detik]



(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA