Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Mar 2022 11:12 WIB

TRAVEL NEWS

Spesies Ikan Secantik Ini Baru Ditemukan di Maldives, Mau Lihat?

Cirrhilabrus finifenmaa
Foto: Spesies ikan baru di Maldives (Luiz Rocha / California Academy of Sciences)
Male -

Ada kabar gembira dari Maldives. Spesies baru yang cantik jelita ditemukan di perairan pesisir Maldives. Ikan ini warnanya pelangi lho!

Penemuan ini telah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Zookeys pekan lalu. Spesies ikan pertama yang ditemukan diberi nama Rose-veiled Fairy Wrasse atau nama imliahnya Cirrhilabrus finifenmaa.

Sedangkan spesies kedua yang ditemukan adalah Red Velvet Fairy Wrasse atau nama ilmiahnya Cirrhilaburs rubrisquamis. Selama 20 tahun terakhir, kedua spesies itu sering dikira sebagai spesies lain yang memiliki karakteristik sama.

Padahal sebenarnya, mereka adalah spesies yang berbeda satu sama lain. Penemuan spesies baru ini merupakan kabar baik dari dunia taksonomi hewan, terutama ikan.

Warna sisik kedua spesies ikan itu sungguh menawan. Sisiknya cenderung ke warna pelangi, perpaduan antara warna merah, kuning, jingga hingga biru.

Cirrhilabrus finifenmaaCirrhilabrus finifenmaa Foto: (Luiz Rocha / California Academy of Sciences)

Kedua spesies ikan itu bisa ditemukan di terumbu karang mesophotic yang bisa tumbuh lebih dalam daripada terumbu karang tropis di kedalaman antara 30 hingga 149 meter.

Terumbu karang dimana 2 spesies ikan ini ditemukan sering disebut sebagai 'Twilight Reefs' karena lokasinya memang berada di zona Twilight lautan.

Spesies ikan baru berwarna cerah menyala ini bisa tumbuh hingga mencapai panjang 7 centimeter. Para peneliti baru mengetahui mereka adalah dua spesies ikan yang berbeda setelah melakukan analisis sampel DNA keduanya.

"Yang semula kita kira adalah satu spesies ikan yang sama ternyata adalah 2 spesies yang berbeda, masing-masing berpotensi mengalami pembatasan wilayah hidup," kata Tea Kai Yi, mahasiswa doktoral University of Sydney yang terlibat penelitian itu.

"Ini menjadi contoh, mengapa mendeskripsikan spesies baru dan taksonomi secara umum, sangat penting bagi konservasi dan manajemen biodiversitas," dia menambahkan.

Meski spesies betina kedua ikan ini mirip, namun pada pejantan spesies Cirrhilabrus finifenmaa memiliki warna sisik yang lebih jingga dan kuning dibandingkan pejantan spesies lainnya.



Simak Video "Detik-detik Kapal Ikan Filipina Tepergok Curi Ikan di Laut Sulawesi"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA