Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 27 Mar 2022 10:16 WIB

TRAVEL NEWS

Bagai Air Kena Panci Panas, Itulah Gambaran Gunung Taal Saat Erupsi

bonauli
detikTravel
Manila -

Filipina dibuat heboh dengan meletusnya Gunung Taal. Gunung api ini kembali erupsi, ribuan warga dievakuasi.

Gunung Taal terletak di sebuah danau di selatan ibu kota Manila. Erupsinya terjadi pada pukul 07.22 waktu setempat dalam waktu yang singkat.

Letusan awal diikuti aktivitas freatomagmatik yang mengeluarkan gumpalan awan panas sejauh 1.500 meter (4.900 kaki) ke udara.

"Baunya sangat menyengat dan saya kesulitan bernapas," kata Cornelia Pesigan (25) dikuip dari AFP.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina memperingatkan bahwa erupsi lanjutan mungkin terjadi dan dapat memicu aliran gas, abu dan puing vulkanis bahkan tsunami.

Menurut seismolog, Princess Cosalan, letusan freatomagmatik terjadi ketika batuan cair bersentuhan dengan air bawah tanah atau permukaan, fenomena ini seperti menuangkan 'air ke panci panas'.

Erupsi awal gunung api Taal dilaporkan diikuti oleh 'aktivitas freatomagmatik yang hampir terus-menerus' yang mengirimkan gumpalan asap setinggi 1.500 meter ke udara. Freatomagmatik merupakan erupsi gunung api yang dihasilkan dari interaksi magma dan air.

Dituturkan Cosalan kepada AFP bahwa emisi abu dan uap telah mereda dalam beberapa jam usai erupsi awal, namun sensor di lokasi terus mendeteksi gempa vulkanis dan erupsi lanjutan 'mungkin' terjadi.

"Ada intrusi magmatik di Kawah Utama yang dapat mendorong erupsi selanjutnya," sebut Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina memperingatkan.

Juru bicara otoritas pertahanan sipil regional, Kelvin John Reyes, menuturkan bahwa warga yang tinggal di sedikitnya lima desa yang ada di sekitar danau lokasi gunung api Taal telah diperintahkan meninggalkan rumah masing-masing.

Menurut data resmi yang tersedia, lebih dari 12.000 orang tinggal di area permukiman sekitar danau.

Personel kepolisian setempat telah dikerahkan untuk menghentikan orang-orang memasuki area-area berisiko tinggi.

Gunung api Taal merupakan salah satu gunung api paling aktif di Filipina yang secara berkala dilanda erupsi dan gempa bumi akibat lokasinya di area 'Cincin Api' Pasifik yang mengalami aktivitas seismik intens.

(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA