Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 29 Mar 2022 18:45 WIB

TRAVEL NEWS

Kunjungan ke Manado-Likupang Ditargetkan Capai 10 Juta pada 2045

Putu Intan
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno di desa Wisata Marinsow, Likupang, Sulut
Menparekraf Sandiaga di Likupang (dok. Humas Kemenparekraf)
Jakarta -

Pemerintah sudah menyusun rencana pembangunan pariwisata di Manado dan Likupang, Sulawesi Utara. Targetkan 10 juta orang pada 2045.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama sejumlah kementerian dan lembaga menggelar Rapat Koordinator Tingkat Menteri untuk Finalisasi Rencana Induk Destinasi Pariwisata Nasional/Integrated Tourism Master Plan (RIDPN/ITMP) Manado-Likupang dan Bangka Belitung di hotel JW Marriott Jakarta, Selasa (29/3/2022).

ITMP telah disusun sebagai dasar pembangunan infrastruktur, penyediaan air, pelabuhan, jalan dan pengembangan kawasan kepariwisataan terintegrasi. Setelah sebelumnya sudah menyusun ITMP Danau Toba, Borobudur hingga Labuan Bajo, kini giliran Manado-Likupang yang juga masuk dalam 5 destinasi super prioritas.

Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan penyusunan ITMP ini dilakukan agar pembangunan pariwisata lebih terarah sehingga didapatkan manfaat ekonomi yang maksimal. Apalagi saat ini pariwisata di Manado-Likupang akan difokuskan pada kualitas dan keberlanjutan.

"Dengan ITMP ini peluang Bangka Belitung dan Manado-Likupang sebagai destinasi yang memberikan peluang usaha, menciptakan lapangan kerja dan bagian dari penyusunan penyusunan pariwisata era baru dan tatanan ekonomi baru pasca pandemi," kata Sandiaga.

Sementara itu Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf Nia Niscaya menjelaskan, nantinya Manado-Likupang akan menargetkan wisatawan dengan pengeluaran tinggi (high spender). Ini dapat dilihat dari pengeluaran di atas rata-rata USD 1.100 dan lama tinggalnya lebih dari 10 hari.

Adapun untuk target, Nia berharap wisatawan yang datang ke Manado-Likupang dapat mencapai 10 juta orang ketika kawasan itu tuntas dibangun pada 2045.

"2045 target 10 juta, kalau sebelum pandemi jumlahnya 1,3 juta," katanya.

Sebagai destinasi superprioritas, Manado-Likupang sangat diunggulkan wisata alamnya. Daerah ini memiliki pantai-pantai cantik seperti Pantai Pulisan dan Pantai Lihaga. Serta perbukitan seperti Bukit Larata.

Masih di Sulawesi Utara, terdapat pula Taman Nasional Bunaken yang menjadi rumah bagi terumbu karang dan ratusan spesies ikan serta hewan laut lainnya.



Simak Video "Strategi Menparekraf Genjot Pelaku UMKM di Daerah"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA