Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 09 Apr 2022 04:43 WIB

TRAVEL NEWS

Bagasinya Hilang, Pria Ini Retas Situs Maskapai dan Bagikan Pesan Penting

Ilustrasi bagasi pesawat
Foto: Ilustrasi bagasi pesawat (Thinkstock)
Mumbai -

Seorang software engineer asal India kehilangan bagasinya saat naik pesawat. Merasa tak ditanggapi, dia meretas situs maskapai itu dan akhirnya mendapat solusi.

Nandan Kumar, software engineer dari India, kehilangan bagasi saat naik penerbangan maskapai IndiGo. Dia sudah menghubungi maskapai, namun dia tak kunjung mendapatkan jawaban.Dia bahkan tidak dihubungi lagi oleh pihak customer service.

Nandan akhirnya mencoba untuk mencari sendiri dimana bagasinya, dengan cara 'mengubek-ngubek' alias meretas situs IndiGo. Nandan pun membagikan pengalamannya itu melalui sebuah utas di media sosial Twitter.

"Setelah saya tidak ditelepon lagi dari IndiGo, saya memutuskan untuk menyelesaikan sendiri masalah saya," ujar Nandan di Twitter.

"Setelah beberapa percobaan yang gagal, insting developer saya memanggil dan saya akhirnya memencet F12 di komputer saya dan membuka konsol developer di situs IndiGo. Saya berpikir, mari kita cek network log-nya," kata Nandan.

Pada akhirnya, Nandan akhirnya menemukan fakta bahwa ternyata bagasinya terbawa oleh penumpang lain yang satu pesawat dengannya. Dia berhasil menemukan kontak penumpang yang membawa bagasinya itu dan akhirnya menghubungi dia untuk memberikan bagasinya.

Nandan menyebut dia mendapatkan kontak penumpang lain itu melalui data Passenger Name Record (PNR). Seharusnya data pribadi seperti itu tidak mudah ditemukan karena data itu harusnya telah dienkripsi.

"Data PNR dan nama terakhir sangat mudah didapatkan. Orang-orang sekarang membagikan boarding pass-nya di media sosial. Semua orang bisa melihat tas kamu, mengambil gambar dan menggunakannya untuk mendapatkan data pribadimu," kata Nandan.

Nandan pun memberikan pesan penting bagi traveler agar jangan sekali-sekali membagikan data pribadi ke media sosial.

"Pesan saya kepada penumpang lainnya adalah tolong jangan membagikan foto boarding pass atau data PNR Anda ke media sosial dan domain publik," Nandan berpesan.

"Dan saya harap pihak maskapai menanggapi dengan serius masalah ini dan melakukan sesuatu soal itu, seperti mengenkripsi data yang terkirim dalam jaringan mereka," dia menambahkan.

Pihak maskapai IndiGo sendiri telah mengetahui tentang persoalan ini dan akan melakukan review terhadap kasus tersebut.



Simak Video "Nafa Urbach Akui Punya Kemampuan Indigo"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA