Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Apr 2022 09:03 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Kafe di Jepang Khusus untuk Penulis Pengejar Deadline

Putu Intan
detikTravel
Manuscript Writing Cafe
Manuscript Writing Cafe. Foto: Twitter @TakuyaKawai
Tokyo -

Ada kafe unik di Jepang khusus untuk penulis dan penerjemah. Mereka juga cuma boleh masuk bila niat menyelesaikan deadline.

Penulis bekerja di kafe memang menjadi tren di perkotaan. Banyak yang berdalih, menulis sebagai proses kreatif akan sulit dilakukan bila terus-menerus berada di kantor yang pengap. Itu sebabnya mereka lebih memilih menyelesaikan tugasnya di tempat seperti kafe.

Sayangnya, kafe dirancang bukan untuk bekerja. Kafe adalah tempat untuk makan, minum, dan bersantai.

Ada potensi orang-orang bekerja di kafe akan sulit produktif. Selain orang yang sedang menulis, di kafe juga ada orang-orang lain yang mengobrol atau menikmati kopi mereka.

Karena itu, di Jepang muncul sebuah kafe khusus bagi para penulis dan penerjemah yang ingin bekerja dengan tenang. Namanya adalah Manuscript Writing Cafe yang terletak di Koenji, Tokyo.

Dilansir dari SoraNews 24, Kamis (14/4/2022) Manuscript Writing Cafe adalah tempat khusus bagi para penulis yang bersungguh-sungguh. Sebelum masuk, staf akan menanyakan jenis tulisan yang dikerjakan, misalnya menulis novel, artikel, atau skrip.

Kafe ini juga menerima para penerjemah, editor, korektor, pembuat hak cipta, dan lain-lain. Di samping itu pengunjung juga harus menyatakan target menulis untuk hari itu. Ini termasuk jumlah kata yang ditulis, jumlah halaman yang diterjemahkan, atau jumlah tulisan yang diedit.

Setelah menyatakan semua hal secara tertulis, pengunjung baru boleh diizinkan duduk. Tempat mereka duduk akan dilengkapi dengan stop kontak, pengisi daya cepat, pendingin, dan WiFi.

Setiap satu jam sekali, anggota staf akan datang untuk memeriksa apakah pengunjung sudah membuat kemajuan dari target yang tadi diungkapkan. Pengunjung juga dapat meminta staf untuk memberikan mereka peringatan verbal untuk tingkat ringan, sedang, sampai tinggi.

Untuk menu kafe ini sebenarnya sederhana yaitu kopi dan air putih. Tarif kafe ini adalah 150 yen atau sekitar Rp 17 ribu per 30 menit. Pengunjung memiliki akses tak terbatas untuk menulis di sana.



Simak Video "Sensasi Ngopi Asyik di Kafe Tepi Kolam Renang"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA