Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Apr 2022 10:02 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Anjing Gembala yang Melindungi Penguin dari Kepunahan

Syanti Mustika
detikTravel
Anjing Gembala Maremmano-Abruzzese
Foto: (dok Warnambool Penguins)
Middle Island, Australia -

Sebuah pulau kecil di Australia memiliki anjing gembala yang bekerja sebagai pelindung penguin di sana. Itu bermula dari penguin yang hampir punah.

Dilansir dari Travel+ Leasure, Kamis (14/4/2022) pulau kecil ini bernama Middle Island, pulau kecil yang berada di beberapa mil di lepas pantai selatan Australia Barat. Daya tarik pulau kecil ini adalah spesies penguinnya yang menggemaskan.

Dulu, Middle Island adalah rumah bagi populasi Little Penguin yang sangat berkembang pesat, termasuk pindahnya rubah. Walau rubah bukanlah ancaman bagi penguin, namun dengan cepat rubah menjadi populasi yang menakutkan.

Pada akhir 1980-an, ada sekitar 20.000 penguin kecil di pulau itu. Pada tahun 2005, ada kurang dari 10 penguin yang tersisa.

Tentu pengurangan populasi yang sangat drastis ini membuat Middle Island ditutup untuk umum pada tahun 2006. Mungkin salah satu penyebab lain hilangnya populasi penguin adalah injakan manusia di liang-liang penguin yang menyebabkan hancurnya rumah mereka.

Anjing Gembala Maremmano-AbruzzeseAnjing Gembala Maremmano-Abruzzese Foto: (dok Warnambool Penguins)

Kemudian, seorang peternak pun memikirkan bagaimana caranya melindungi penguin. Timbulah ide untuk mengumpulkan anjing gembala Maremmano-Abruzzese untuk menjaga kawanan. Siapa tahu anjing ini juga bisa menjaga penguin. Dan lahirlah program perlindungan penguin.

Kelompok penjaga lahan dan pemerintah setempat pun bermitra membawa anjing-anjing itu ke Middle Island dan menempatkan mereka melalui program pelatihan ekstensif. Selama 15 tahun terakhir, anjing telah menjaga penguin selama musim kawin mereka (dari akhir musim panas hingga sekitar Februari).

Saat mereka bekerja, anjing-anjing itu berpatroli di pulau itu lima hari seminggu. Pada hari libur mereka, mereka bersantai di pertanian terdekat. Berkat penjagaan mereka, belum ada bukti serangan rubah saat anjing-anjing berada di pulau itu dan populasi penguin terus bertambah.

Anjing Gembala Maremmano-AbruzzeseAnjing Gembala Maremmano-Abruzzese Foto: (dok Warnambool Penguins)

Anjing-anjing itu adalah yang pertama di dunia yang dilatih untuk melindungi penguin. Dan pasangan anjing yang menggemaskan dan tidak biasa ini telah menciptakan desas-desus dan membantu meningkatkan dukungan dan kesadaran masyarakat untuk konservasi penguin. Pada tahun 2015, proyek tersebut bahkan menginspirasi sebuah film berjudul "Oddball."

Setiap musim panas, traveler dapat mengunjungi pulau dan ikut serta dalam tur di mana dapat melihat anjing beraksi. Saat bukan musim kawin, anjing-anjing itu melakukan program penjangkauan di daratan Australia.



Simak Video "Kehidupan Penguin Kaisar Diprediksi Hilang 4 Dekade Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA