Naik Bus Gratis di Bali, Denpasar-Tabanan Jadi Rute Terfavorit

Poetri - detikTravel
Senin, 18 Apr 2022 12:45 WIB
Foto: Poetri/detikBali
Denpasar -

Bus Trans Metro Dewata telah beroperasi sejak 6 September 2020 lalu. Bus ini sering tampak lalu lalang di area Denpasar, Gianyar, Badung hingga Tabanan.

Manager Trans Metro Dewata, Gede Gunawan menyebutkan bahwa saat ini rute Denpasar-Tabanan merupakan rute favorit masyarakat, khususnya kalangan pekerja.

"Ini karena singgahnya ada di Ubung, Mengwi baru masuk ke Terminal Pesiapan. Ini sebetulnya tidak lagi berkaitan dengan wisata tapi lebih kepada pekerja," kata Gede Gunawan.

Menurutnya, jumlah penumpang pun terus meningkat.

"Awalnya 20 persen lalu naik 26 persen dan sekarang untuk tujuan Tabanan tinggi sekali capai 57 persen," sebutnya ketika ditemui detikBali pada Minggu, 17 April 2022.

Sementara untuk daerah wisata, tujuan Pantai Matahari Terbit dan Monkey Forest menjadi favorit wisatawan domestik. Bus Trans Metro Dewata sendiri kini memiliki lima koridor dengan mengoperasikan 95 bus dan 10 bus cadangan. Dan hingga kini tarifnya pun tetap gratis.

"Banyak fasilitas menarik yang membuat masyarakat untuk kembali naik bus ini. Pertama, dari segi pelayanan yang dimana pramudi atau sopir disini seragamnya lengkap seperti pilot. Nah, apabila salah satu dari atribut tersebut tidak dia pakai, dia akan kena sanksi berupa potong gaji," jelasnya.

Tak hanya itu saja dari jam kedatangan sopir pun diawasi. Lalu dari segi kebersihan juga diawasi ketat melalui lima kamera CCTV yang ada di bus.

"Selain itu ketika ada barang yang ketinggalan juga akan kami kembalikan, sekecil apapun barangnya," kata Gede Gunawan.

Menurutnya, dengan menggunakan bus Trans Metro Dewata masyarakat dapat berpartisipasi dalam mengurangi kemacetan di jalan.

"Dan bagi saudara-saudara kita yang mau mudik juga bisa dengan naik bus ini. Naiknya bisa mulai dari GOR, Central Parkir Kuta, dan Bandara juga bisa. Nantinya akan ketemu bus ke Mengwi," tambahnya.

Dirinya pun optimis ke depannya masyarakat akan semakin sering menggunakan bus Trans Metro Dewata mengingat berbagai fasilitas menarik yang ditawarkan.

---

Artikel ini telah tayang di detikBali.



Simak Video "Kapolri Minta Tak Boleh Ada Sedikitpun Ledakan di KTT G20"

(sym/sym)
Berita detikcom Lainnya
Berita Terpopuler

Video

Foto

detikNetwork