Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 21 Apr 2022 14:41 WIB

TRAVEL NEWS

Target Side Event G2O, Sandiaga: Penciptaan 10-15 Ribu Lapangan Kerja

Sandiaga Uno
Foto: Menparekraf Sandiaga Uno (Tasya Khairally/detikcom)
Jakarta -

Peluncuran Side Event G20 diharapkan bisa mengenalkan Indonesia lebih luas. Selain itu, penciptaan lapangan kerja juga menjadi target dari kegiatan ini.

Menparekraf Sandiaga Uno berharap Side Event G20 Indonesia bisa memberikan dampak yang luas bagi masyarakat Indonesia. Sebab dalam pelaksanaannya akan melibatkan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Targetnya kita menyasar ke penciptaan lapangan kerja antara 10- 15 ribu lapangan kerja baru dengan side event ini. Ini yang kita harapkan," kata Sandiaga Uno dalam Launching Side Event Parekraf di Hotel Indonesia Kempinski, Rabu (20/4/2022)

Dalam peluncuran side Event G20 ini, Kemenparekraf memberikan hadiah jam kayu yang dibuat oleh UMKM Indonesia kepada para perwakilan dari berbagai negara.

"Tadi kita juga memberikan gift jam pala yang menggambarkan semangat kita dengan penuh rasa percaya tapi rendah hati sesuai dengan budaya kita untuk meminta mereka memberikan yang terbaik kontribusi nya agar G20 ini menjadi G20 yang bisa secara sukses penyelenggaraan substansi dan juga sukses untuk manfaat positif nya bagi masyarakat Indonesia," kata Sandiaga.

Menparekraf ini menuturkan ada 34 juta masyarakat Indonesia yang bergantung pada sektor Parekraf. Hal ini harus disentuh dengan terobosan, inovasi, adaptasi dan kolaborasi-kolaborasi.

Side Event dari Kemenparekraf memiliki tema "Memperkuat Agen Transformasi Pariwisata Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) - Pemulihan yang Berpusat pada Rakyat", ada lima topik yang akan dibahas, yakni Sumber Daya Manusia, Pekerjaan, Keterampilan, Kewirausahaan, dan Pendidikan, Inovasi, Digitalisasi, dan Ekonomi Kreatif, Pemberdayaan Perempuan dan Pemuda, Aksi Iklim, Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Ekonomi Sirkular; serta Kerangka Kebijakan, Tata Kelola, dan Investasi. Dalam hal ini, Sandiaga meminta para pemangku kepentingan bisa turut membantu menyukseskan side event ini.

"Saya berharap seluruh pemangku kepentingan dapat saling bahu-membahu menyukseskan pelaksanaan side events dan road to Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022. Saya menantikan untuk berkolaborasi dan menyambut Anda di semua side event. Saya percaya melalui kerja sama multilateral, kita bisa pulih bersama, pulih lebih kuat, dan pulih lebih baik," ujarnya.

Di samping itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo, menyampaikan ada berbagai side event substantif dan nonsubstantif. Selain itu, ada berbagai event seperti Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI), Kharisma Event Nusantara (KEN), dan lainnya yang juga menjadi bagian dari upaya mendukung G20 Indonesia 2022.

"Kami percaya bahwa pariwisata dan ekonomi kreatif harus menjadi agenda global. Oleh karena itu, Kemenparekraf menyelenggarakan beberapa program road to G20 sebagai amplifikasi dari G20 Presidensi Indonesia, seperti AKI, KEN, dan lain-lain, dalam rangka mempromosikan dan membawa manfaat ekonomi yang nyata bagi pariwisata dan kreativitas," ujarnya.

Angela pun optimistis bahwa Presidensi G20 bisa membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Dia pun turut berharap pemangku kepentingan bisa membantu pelaksanaan side event G20 dan road to G20.



Simak Video "Persiapan KTT G20 Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA