Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 22 Apr 2022 23:02 WIB

TRAVEL NEWS

8 Alat Musik Betawi yang Paling Sering Dimainkan

Tim detikcom
detikTravel
Memeriahkan Ramadan, sejumlah warga melakukan atraksi seni budaya Betawi di Jakarta Islamic Centre, Jakut. Penasaran seperti apa keseruannya?
Alat Musik Betawi Foto: Pradita Utama

5. Bangsing (suling)


Alat musik Betawi Bangsing atau suling terbuat dari bambu kecil berbentuk bulat panjang dengan enam buah lubang nada. Instrumen ini dimainkan secara horizontal.

6. Gong dan kempul


Gong dan kempul terbuat dari kuningan atau perunggu berbentuk lingkaran yang bagian tengahnya menonjol. Gong berukuran sekitar 85 cm berfungsi sebagai penentu irama dasar, sementara kempul berukuran sekitar 45 cm berfungsi sebagai pembatas ritme melodi. Ukuran keduanya relatif besar, maka biasanya digantung.

7. Kecrek (pan)


Kecrek atau pan dibuat dari dua sampai empat lempengan logam tipis (besi, kuningan, perunggu) yang disusun di atas sebuah papan kayu. Alat ini punya fungsi sebagai pengatur irama. Jika ingin mendapatkan efek bunyi tertentu dari alat musik Betawi ini, bisa dilakukan dengan cara dipukul menggunakan palu khusus atau tongkat kayu pendek hingga menghasilkan bunyi crek-crek-crek.

8. Ningnong (sio-lo)


Ningnong berbentuk dua buah piringan logam perunggu atau kuningan berdiameter sekitar 10 cm. Alat musik Betawi ini ditempatkan pada sebuah bingkai kayu bertangkai satu. Cara membunyikannya dipukul menggunakan tongkat besi kecil secara bergantian dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Demikian traveler, alat musik Betawi.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Kopo, Kampung Industri Kerupuk Di Garut Jawa Barat"
[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA