Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Apr 2022 18:06 WIB

TRAVEL NEWS

80 Juta Orang Mudik, Sandiaga Sarankan Mampir ke 3.500 Desa Wisata

Putu Intan
detikTravel
Jakarta -

Mudik Lebaran 2022 diperkirakan akan dimanfaatkan banyak orang untuk pulang ke kampung halaman. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap mereka juga mampir ke desa wisata.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan momen mudik Lebaran 2022 dapat dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Perputaran uang diprediksi dapat mencapai Rp 72 triliun dari libur dan cuti bersama Lebaran 2022.

"Sebanyak Rp 72 triliun akan terdistribusi ke berbagai daerah tujuan mudik. Dari jumlah itu 60 persen di Pulau Jawa dan 40 persen di luar Jawa. Ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk produk-produk ekraf yang kita arahkan untuk mengambil peluang ini," kata Sandiaga usai acara Showcase & Bussiness Matching Tahap II di Jakarta Convention Center, Senin (25/4/2022).

Sandiaga mengatakan, untuk memecah kemacetan mudik, pihaknya juga menawarkan alternatif destinasi wisata. Masyarakat dapat berkunjung ke desa-desa wisata yang sudah siap menyambut wisatawan.

"Ada desa wisata dan sentra ekraf yang bisa dikunjungi. Jadi harapannya kami koordinasi dengan Kemenhub di jalur selatan, utara, dan alternatif, ada destinasi unggulan yang bisa dinikmati pra pemudik sehingga tidak terjebak macet," paparnya.

Saat ini desa wisata juga sudah disiapkan untuk menerima kunjungan wisatawan. Sandiaga berujar, ada 3.500 desa wisata yang dapat dikunjungi masyarakat.

"Persiapan sudah tahap final. Desa wisata sudah diberi pelatihan dan pendampingan. Sudah dibuat peta perjalanan dan sudah ada produk ekraf yang terkurasi. Total ada 3.500 desa wisata yang sudah siap," kata dia.

Lebih lanjut, Sandiaga juga berharap dari perkiraan 80 juta orang yang mudik, sebanyak 60 persen akan melakukan kegiatan wisata.

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA