Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 27 Apr 2022 12:05 WIB

TRAVEL NEWS

Mudik Bisa Bantu Wisata Daerah, Begini Caranya

Putu Intan
detikTravel
Desa Wisata Bantaragung yang memiliki ragam potensi. Seperti Curug Cipeuteuy, Ciboer Pass, atau Bukit Semar.
Dengan jumlah pemudik mencapai 80 juta, proyeksi pengeluaran diperkirakan mencapi triliunan rupiahFoto: Kemenparekraf
Jakarta -

Industri pariwisata diproyeksikan turut merasakan dampak mudik Lebaran 2022. Ini berasal dari pemudik yang berwisata dan menggunakan akomodasi.

Kemenparekraf mengatakan, proyeksi pengeluaran pemudik Lebaran tahun ini dapat mencapai Rp 72 triliun. Uang sebanyak ini diperoleh dari transportasi, rekreasi, konsumsi (makan dan minum), akomodasi (hotel dan homestay) serta oleh-oleh.

Cinderamata berupa kuliner, fesyen, dan kriya yang dibeli dalam periode Lebaran 2022 ini diharapkan dapat memberikan kontribusi besar pada ekonomi daerah. Hal itu berkaca dari momen mudik Lebaran di tahun sebelumnya, di mana perputaran uang mencapai 10 persen. Sementara secara makro, mudik dapat berkontribusi sampai 25 persen.

"Kemenparekraf mengimbau bagi para pemudik untuk membelanjakan uangnya untuk produk dan jasa di daerahnya sehingga mampu berkontribusi positif dalam pemulihan perekonomian daerah," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Sandiaga juga mengajak pemudik untuk berlibur ke desa-desa wisata. Sandiaga mengatakan, ada banyak desa wisata salah satunya di jalur Pantai Selatan yang indah

"Ada desa wisata dan sentra ekraf yang bisa dikunjungi. Jadi harapannya kami koordinasi dengan Kemenhub di jalur selatan, utara, dan alternatif, ada destinasi unggulan yang bisa dinikmati para pemudik sehingga tidak terjebak macet," paparnya.

Sandiaga mengatakan, ada banyak desa wisata salah satunya di jalur Pantai Selatan yang indah. Ia mencontohkan Desa Wisata Selasari di Pangandaran, Desa Wisata Pujon Kidul di Malang dan Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi dapat dikunjungi.

Sementara itu Kemenparekraf juga menggencarkan program berwisata di Indonesia dengan #DiIndonesiaAja dan mendorong wisatawan membeli produk buatan dalam negeri atau masyarakat lokal dengan #BanggaBuatanIndonesia.

"Saya mengajak wisatawan domestik agar liburan di dalam negeri saja. Kita harus selamatkan USD 1 miliar yang selama ini dibelanjakan wisatawan Indonesia di luar negeri," ujarnya.



Simak Video "Sandiaga Uno Terkesan dengan Cerita Film 'Ngeri-Ngeri Sedap'"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA