Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 29 Apr 2022 08:35 WIB

TRAVEL NEWS

Mulai 1 Mei, Malaysia Cabut Wajib Masker

Syanti Mustika
detikTravel
Sejumlah wisatawan melakukan foto selfie di kawasan Menara Kembar Petronas, Malaysia. Menara Petronas menjadi tempat favorit wisatawan untuk dikunjungi dan berfoto di Malaysia. Menara ini diresmikan pada 1  Agustus 1999 dengan tinggi 375 m dengan jumlah lantai 88. Agung Pambudhy/Detikcom.
Menara Petronas di Malaysia (Foto: Agung Pambudhy)
Kuala Lumpur -

Sejumlah negara mulai melonggarkan aturan pemakaian masker, termasuk negara tetangga Malaysia. Negeri jiran membebaskan penggunaan masker mulai 1 Mei.

Sebelumnya, Thailand, Yunani, dan beberapa negara Eropa telah mengumumkan aturan terbaru menggunakan masker. Malaysia mengikuti negara-negara itu untuk membebaskan penggunaan masker dan dipilih waktu setelah lebaran.

Dirangkum detikcom, Jumat (29/4/2022) Meneteri Khairy Jamaluddin mengatakan bahwa angka kasus gejala parah Covid-19 sudah mulai menurun jauh di Malaysia.

Walau penggunaan masker di tempat umum telah dicabut alias dibebaskan, pemerintah tetap menyarankan menggunakan masker di ruangan tertutup atau indoor. Pengecualian dilakukan bagi mereka yang sedang makan minum, berolahraga, pidato, atau sedang tampil dalam sebuah acara, dan juga bila sedang berada seorang diri.

"Pemakaian masker di luar ruangan adalah opsional, tetapi tetap dianjurkan," kata Khairy.

Adapun aturan lain yang dilonggarkan Malaysia yaitu tidak ada lagi tes Covid-19 bagi turis internasional. Namun, ada syarat yang harus dipenuhi turis.

Bagi turis yang divaksinasi penuh, mereka yang telah pulih dari infeksi Covid-19 selama enam hingga 60 hari sebelum berangkat, juga pelancong berusia 12 tahun ke bawah tak perlu tes Covid-19. Juga asuransi perjalanan tidak lagi menjadi prasyarat bagi turis untuk datang ke Malaysia.

"Namun, mereka yang belum sepenuhnya divaksinasi Covid-19 tetap harus menjalani tes ini dan menjalani karantina wajib lima hari," kata Khairy.

Malaysia juga punya aplikasi pelacakan bernama MySejahtera. Traveler yang tidak tidak perlu lagi melakukan check-in saat datang. Hal ini juga berlaku bagi warga Malaysia yang telah divaksin penuh. Namun, pemerintah masih mengimbau warga untuk tetap melakukan check in dalam aplikasi itu untuk kepentingan contact tracing.



Simak Video "Menkes Sebut Indonesia Berpeluang Bebas Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA