Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 29 Apr 2022 13:40 WIB

TRAVEL NEWS

Patung yang Ditemukan Petani Palestina Itu Usianya 4.500 Tahun

Patung dewi kecantikan kaum Kanaan
Foto: Patung Anat (AP)
Gaza -

Seorang petani Palestina menemukan sebuah patung yang diperkirakan sudah berusia 4.500 tahun. Patung itu ditemukan di sebelah selatan jalur Gaza.

Kementerian Pariwisata dan Benda Antik Palestina menyebut patung setinggi 22 centimeter itu diperkirakan berasal dari tahun 2.500 sebelum Masehi.

Patung itu dipercaya sebagai patung Anat, dewi kaum Kanaan. Patung itu hanya tersisa bagian kepalanya saja, sedangkan badannya sudah tidak ditemukan.

"Anat adalah dewi cinta, kecantikan dan perang dalam mitologi kaum Kanaan," ujar Jamal Abu Rida, Direktur Kemeneterian Palestina, seperti dikutip detikTravel dari AP, Jumat (29/4/2022).

PatungAnat ditemukan oleh seorang petani yang sedang menggarap ladangnya. Penemuan itu langsung dilaporkan kepada pihakHamas yang sekarang menguasai Palestina.

Penemuan artefak bersejarah di jalur Gaza bukanlah hal yang baru. Sebelumnya sudah sering penemuan serupa terjadi di jalur Gaza.

Banyak situs arkeologi yang tersebar di Gaza, mengingat di zaman dahulu daerah itu merupakan jalur penghubung antara peradaban kuno di Mesir hingga Mesopotamia.

Namun pemerintah Palestina yang dipegang Hamas tidak fokus terhadap usaha preservasi temuan arkeologis itu. Penemuan artefak kuno bahkan sering lenyappemberitaannya.

Hamas malah lebih memilih proyek pembangunan daripada melindungi situs arkeologi di Palestina. Pada tahun 2017 silam saja, Hamas lebih memilih menghancurkan sebagian besar reruntuhan pemukiman kaum Kanaan untuk dijadikan perumahan.

Penemuan patung dewa Yunani, Apolo yang berukuran manusia dewasa juga menguap begitu saja pada tahun 2013 silam. Sampai sekarang patung itu tidak diketahui kabar rimbanya.



Simak Video "Penampakan Jalur Gaza Usai Diserang Israel dari Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA