Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 29 Apr 2022 21:08 WIB

TRAVEL NEWS

Kelana Ramadhan, Sandiaga Uno Harap Pelaku Ekraf Ciptakan Lapangan Kerja

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno mendorong sektor ekonomi kreatif terus berkembang dengan menggencarkan program Kelana Ramadhan.
Sandiaga Uno saat menghadiri acara Kelana Ramadhan (Foto: Kemenparekraf)
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno mendorong sektor ekonomi kreatif terus berkembang dengan menggencarkan program Kelana Ramadhan.

"Ini merupakan tepat sasaran dimana para pelaku ekonomi kreatif selama dua tahun terakhir tidak memiliki pekerjaan saat pandemi Covid-19. Saat Ramadhan ini ide gagasan baru ini bisa kita kolaborasi membangun dan mencipta pekerjaan," ujar Sandiaga Uno usai menghadiri acara Kelana Ramadhan di Balai Sarwono, Cilandak Timur, Jakarta.

Lebih lanjut ia menjelaskan saat ini setiap ekonomi kreatif tengah menghadapi tantangan untuk semakin berkembang di masa peralihan dari pandemi ke endemi Covid-19.

"Proses tantangan ekonomi menuju endemi, bersama Presiden Joko Widodo untuk menyiapkan pelaku ekonomi kreatif bisa naik kelas. Ini yang kita harapkan dari program Kelana Ramadhan," jelas Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno menyebutkan dengan semangat Ramadhan berbagi, para pelaku kelana Ramadhan berbagi ide, gagasan, pemasaran, pendampingan, dan pelatihan. Sehingga diharapkan di bulan Ramadhan omset mereka meningkat dengan kualitas baik.

"Kelana Ramadhan ini menjadi satu harapan, kita bisa lihat antusiasme di Banda Aceh, di Jakarta, dan kita akan bergerak ke Solo, ini seperti safari Ramadhan tetapi ini bentuknya berbagi peluang usaha dan penciptaan lapangan kerja," tutur Sandiaga Uno.

Ia mengungkapkan hal tersebut sesuai dengan bulan Ramadhan dilajukan dengan inisiasi program Kabupaten Kota Kreatif.

"Kita akan menyentuh lebih dari 35 kota kreatif yang kita dorong untuk mengembangkan salah satu subsektor ekonomi kreatif di kota tersebut. Sehingga harapannya ekonomi kreatif menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi kita," terang Sandiaga Uno.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno mendorong sektor ekonomi kreatif terus berkembang dengan menggencarkan program Kelana Ramadhan.Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri program Kelana Ramadhan. Foto: Kemenparekraf

Kemenparekraf kata Sandiaga Uno terus menyiapkan SDM, produk oleh-oleh, ada posko mudik aman dan mudik sehat bekerja sama dengan TNI, Polri dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif selama libur Ramadhan.

"Kita membuat travel plan untuk memecah kepadatan lalu lintas menuju destinasi desa wisata yang ada di sepanjang jalur mudik, dan ini bisa menjadi rekreasi mudik untuk membuat mudik berbeda dengan sebelum-sebelumnya," jelas Sandiaga Uno.

Dikatakannya ada Rp 72 triliun yang dibawa pemudik untuk mengembangkan ekonomi daerah dimana Indonesia sudah siap menawarkan destinasi wisata dan produk ekonomi kreatif. "Kita bekerja sama dengan Pemda, aparat keamanan, untuk memastikan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. Akan berdampak besar peluang bisnis dan besar Rp 72 triliun yang harus diambil pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif," lanjut Sandiaga Uno.



Simak Video "Kabar Baik! Kunjungan Wisman ke RI Meroket Hingga 40 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA